Berdiri Di Saf Murid-murid Untuk Mengatur Mereka Saat Shalat

1 menit baca
Berdiri Di Saf Murid-murid Untuk Mengatur Mereka Saat Shalat
Berdiri Di Saf Murid-murid Untuk Mengatur Mereka Saat Shalat

Pertanyaan

Kami pengajar di sekolah dasar, kami terpaksa berdiri dalam jajaran saf murid-murid untuk mengatur mereka di saat melakukan shalat, dan kami sering mengarahkan dan membimbing ibadah para siswa tersebut di saat mereka sedang shalat, seperti, lihat ke tempat sujudmu, jangan menoleh, jangan banyak bergerak, dan seterusnya. Apa hukumnya hal itu?

Jawaban

Tidak apa-apa sebagian guru-guru berdiri di tengah saf-saf para siswa untuk mengatur mereka dan mencegah mereka bermain dan tidak menganggu kawan di samping mereka. Karena hal itu untuk kemaslahatan shalat dengan syarat berdirinya mereka di antara para siswa tidak memutuskan saf-saf.

Dan hendaknya arahan mereka kepada para siswa sesuai kebutuhan dan dengan suara pelan agar mereka tidak menganggu orang-orang yang sedang shalat, dan tidak memalingkan perhatian mereka dari shalat mereka. Juga hendaknya orang yang mengawasi para siswa agar melakukan shalat secara jamaah pada waktunya.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 20107

Lainnya

Kirim Pertanyaan