Bacaan Pada Shalat Tarawih

1 menit baca
Bacaan Pada Shalat Tarawih
Bacaan Pada Shalat Tarawih

Pertanyaan

Ada beberapa imam pada shalat Tarawih setelah membaca Al-Fatihah membaca surat-surat panjang dan menengah pada rakaat pertama, dan pada rakaat kedua setelah membaca surat Al-Fatihah mereka membaca surat Al-Ikhlas. Mereka melakukan hal ini secara terus menerus.

Apakah perbuatan ini diperbolehkan? Bersamaan dengan hal itu setelah setiap empat rakaat mereka mengucapkan doa bersama seperti mengucapkan, “Allaahumma inna-ka `afuwwun tuhibbu-l-`afwa fa`fu `annaa” (Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun, menyukai ampunan, maka ampunilah kami). Apa pendapat Anda tentang perbuatan ini?

Jawaban

Yang terbaik pada shalat Tarawih adalah bacaan dimulai dari awal al-Quran dan terus dibaca hingga mengkhatamkannya pada akhir bulan sebagaimana para sahabat melakukannya.

Apabila ia hanya membaca sebagian al-Quran hukumnya boleh akan tetapi tidak dikhususkan membaca surat-surat tertentu dan enggan membaca kecuali surat-surat itu saja, dan tidak boleh doa bersama setelah setiap empat rakaat, karena perbuatan ini adalah bid’ah yang tidak ada dalilnya dari al-Quran dan as-Sunnah.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 18364

Lainnya

Kirim Pertanyaan