Arah Antara Timur Dan Barat Adalah Kiblat

1 menit baca
Arah Antara Timur Dan Barat Adalah Kiblat
Arah Antara Timur Dan Barat Adalah Kiblat

Pertanyaan

Apakah hadis “Arah yang terdapat di antara Timur dan Barat adalah kiblat” khusus untuk wilayah sebelah timur atau hadis tersebut umum? Contohnya kami di Aljazair, kami bisa shalat dari Timur ke Barat.

Ini perkataan seorang ustaz dalam sebuah pertemuan majlis zikir. Ustaz ini adalah seorang pelajar yang belum pantas untuk berceramah. Saya sudah mendengar orang yang lebih alim daripada dia mengatakan hal sebaliknya.

Dan ini adalah permasalahan ibadah. Prinsip dasar dalam ibadah adalah mengikuti ketetapan syariat. Mohon Anda berkenan memberi penjelasan. Semoga Allah senantiasa menjaga Anda.

Jawaban

Hadis tersebut diperuntukkan buat penduduk Madinah dan orang-orang yang sejalur dengan mereka dari sebelah Utara Ka`bah atau sebelah selatannya. Dari sana dikiaskan arah-arah yang lainnya. Jadi penduduk Timur dan penduduk Barat kiblat mereka adalah di antara Utara dan Selatan.

Dan hal itu adalah untuk memudahkan kaum Muslimin. Karena menghadap persis tepat ke arah Ka`bah bagi orang yang tidak melihatnya adalah sesuatu yang sulit. Dan Allah Ta’ala telah berfirman,

فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ وَحَيْثُمَا كُنْتُمْ فَوَلُّوا وُجُوهَكُمْ شَطْرَهُ

“Palingkanlah mukamu ke arah Masjid al-Haram. Dan di mana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya.” (QS. Al-Baqarah: 144)

Yakni arah Ka`bah.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 20873

Lainnya

Kirim Pertanyaan