Apakah Orang Sakit Dengan Kaki Membelakangi Kiblat Boleh Shalat Dengan Posisi Tersebut?

1 menit baca
Apakah Orang Sakit Dengan Kaki Membelakangi Kiblat Boleh Shalat Dengan Posisi Tersebut?
Apakah Orang Sakit Dengan Kaki Membelakangi Kiblat Boleh Shalat Dengan Posisi Tersebut?

Pertanyaan

Pertanyaan 1: Seseorang mengalami patah di kedua kakinya. Di samping itu, tangan kirinya juga patah. Ia dirawat di rumat sakit di tempat tidur dengan kedua kaki menghadap ke arah yang berlawanan dengan kiblat. Apakah ia shalat dengan kondisi seperti tersebut? Sebagai catatan bahwa posisi tempat tidur tidak mungkin diubah karena adanya alat-alat medis yang terpasang di belakang kepala pasien.

Pertanyaan 2: Apakah ia boleh menjamak dan mengqasar shalat Dzuhur dan Asar serta Magrib dan Isya? Sebagai catatan bahwa ia warga dari kota Khabar dan sekarang dirawat di Riyad. Apakah ia boleh bertayamum saja karena sulit berwudhu dengan air?

Jawaban

Jawaban 1: Ia boleh shalat sesuai dengan posisi badannya jika ia tidak mungkin mengubah posisi tempat tidur atau menghadap sendiri ke kiblat, berdasarkan firman Allah Subhanahu:

فَاتَّقُوا اللَّهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ

“Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu.” (QS. At Taghaabun: 16)

Jawaban 2: Ia boleh menjamak dan mengqasar karena hukumnya sama dengan hukum musafir apabila tujuannya bermukim itu untuk berobat dan sebelumnya tidak mempunyai niat bermukim lebih dari empat hari. Apabila ia telah berniat untuk bermukim lebih dari empat hari ketika ia telah sampai ke Riyad, maka ia harus shalat empat rakaat dan ia boleh (tidak apa-apa) menjamak Dzuhur dan Asar di salah satu waktunya dan menjamak Magrib dan Isya di salah satu waktunya.

Ia boleh bertayamum jika ia tidak mampu menggunakan air dan tidak ada orang yang dapat membantunya berwudhu. Ia harus beristinjak dengan saputangan kasar tiga kali atau lebih setelah kencing dan buang air besar sehingga tempat kotoran telah bersih sebelum ia berwudhu atau bertayamum.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 19564

Lainnya

Kirim Pertanyaan