Menafkahi Para Istri

1 menit baca
Menafkahi Para Istri
Menafkahi Para Istri

Pertanyaan

Apakah secara syariat laki-laki diperbolehkan menikahi empat orang wanita, lalu dalam skala perbandingan istri pertama diberi jatah sebesar seperempat, istri kedua setengah, istri ketiga satu setengah, dan istri keempat satu bagian penuh, untuk membeli keperluan mereka masing-masing?

Jawaban

Seorang laki-laki boleh menikahi empat orang wanita berdasarkan petunjuk umum dari firman Allah Ta’ala,

فَانْكِحُوا مَا طَابَ لَكُمْ مِنَ النِّسَاءِ مَثْنَى وَثُلاثَ وَرُبَاعَ

“Maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kalian senangi: dua, tiga, atau empat.” (QS. An-Nisaa’: 3)

Hal ini juga sudah disebutkan dalam Sunah, dan hukumnya pun telah disepakati oleh para ulama. Adapun nominal yang harus diserahkan kepada masing-masing istri untuk membeli keperluan mereka, tidaklah semestinya seperti yang telah disebutkan di atas.

Dia seharusnya memberikan nafkah dalam jumlah yang dapat memenuhi kebutuhan mereka masing-masing secara wajar, berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam,

ولهن عليكـم رزقهن وكسوتهن بالمعروف

“Mereka (para istri) mempunyai hak atas kalian berupa nafkah dan pakaian, menurut cara yang wajar (kondisi cukup, tidak berlebihan atau terlalu pelit).”

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 1818

Lainnya

Kirim Pertanyaan