Mobil Terbalik Dan Menyebabkan Sebagian Penumpang Meninggal Dunia

1 menit baca
Mobil Terbalik Dan Menyebabkan Sebagian Penumpang Meninggal Dunia
Mobil Terbalik Dan Menyebabkan Sebagian Penumpang Meninggal Dunia

Pertanyaan

Saya pernah mengadakan perjalanan dari daerah saya, Bashot, sebuah daerah di Syamran, ke Bisyah, dengan ditemani anak-anak saya, anak perempuan saya dan anak-anaknya (cucu saya). Di tengah perjalanan, mobil kami terbalik, namun bukan karena kesalahan saya. Saat itu yang mengemudikan mobil adalah saya.

Kecepatan mobil yang kami tumpangi tak lebih dari 80 Km/jam. Kecelakaan tersebut mengakibatkan beberapa orang terluka dan cucu perempuan saya meninggal dunia. Perlu diketahui bahwa saat kami membawanya ke rumah sakit, dia masih hidup. Oleh karena itu, saya mohon kepada Allah, kemudian kepada Anda, apakah saya wajib membayar kifarat karena hal itu?

Jawaban

Jika kenyataannya seperti yang telah disebutkan, maka Anda wajib membayar kifarat dan diat. Kifarat yang wajib Anda bayarkan adalah memerdekakan seorang budak yang beriman. Namun, jika Anda tidak mampu, Anda dapat berpuasa selama dua bulan berturut-turut.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `Ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 14654

Lainnya

Kirim Pertanyaan