Riba Diharamkan Atas Pemberi Pinjaman Dan Peminjam

3 menit baca
Riba Diharamkan Atas Pemberi Pinjaman Dan Peminjam
Riba Diharamkan Atas Pemberi Pinjaman Dan Peminjam

Pertanyaan

Apakah riba diharamkan pada setiap transaksi, dan dalam bentuk apapun kepada kedua belah pihak (pemberi pinjaman dan peminjam) secara mutlak. Atau hanya diharamkan kepada pemberi pinjaman saja. Jika tidak ada dosa bagi peminjam apakah hal itu disyaratkan pada orang yang membutuhkan uang, tidak mampu atau fakir miskin, atau tidak disyaratkan demikian.

Jika diperbolehkan bagi orang yang membutuhkan, apakah bagi orang yang tidak terlalu membutuhkan boleh meminjam dari bank yang melakukan transaksi riba dengan bunga 15% setiap tahun, sehingga dia bisa menjalankan usaha dengan uang pinjaman tersebut, dan dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar dari bunga yang disyaratkan oleh bank yaitu 50 % dalam setiap tahun. Dengan uang pinjaman tersebut dia dapat menghasilkan keuntungan dari usahanya lebih besar 35% dari bunga yang disyaratkan oleh bank. Ataukah ini tidak diperbolehkan?

Jawaban

Pertama, riba itu diharamkan di setiap transaksi, dan dalam bentuk apapun kepada pemilik modal dan orang yang meminjam dengan sistem bunga baik peminjam tersebut orang miskin maupun orang kaya, dan keduanya sama-sama berdosa.

Bahkan mereka berdua dan orang yang membantu mereka berdua dalam transaksi tersebut akan dilaknat, seperti pencatat dan saksinya, berdasarkan sifat umum ayat-ayat dan hadits-hadits yang menunjukkan haramnya riba, Allah Ta’ala berfirman

الَّذِينَ يَأْكُلُونَ الرِّبَا لاَ يَقُومُونَ إِلا كَمَا يَقُومُ الَّذِي يَتَخَبَّطُهُ الشَّيْطَانُ مِنَ الْمَسِّ ذَلِكَ بِأَنَّهُمْ قَالُوا إِنَّمَا الْبَيْعُ مِثْلُ الرِّبَا وَأَحَلَّ اللَّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا فَمَنْ جَاءَهُ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّهِ فَانْتَهَى فَلَهُ مَا سَلَفَ وَأَمْرُهُ إِلَى اللَّهِ وَمَنْ عَادَ فَأُولَئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ (275) يَمْحَقُ اللَّهُ الرِّبَا وَيُرْبِي الصَّدَقَاتِ وَاللَّهُ لاَ يُحِبُّ كُلَّ كَفَّارٍ أَثِيمٍ

“Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila . Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual-beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual-beli dan mengharamkan riba. Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang mengulangi (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.(275) Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran dan selalu berbuat dosa.” (QS. Al-Baqarah : 275-276)

Diriwayatkan oleh `Ubadah bin ash-Shamit radhiyallahu `anhu dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, bahwasanya beliau bersabda,

الذهب بالذهب، والفضة بالفضة، والبر بالبر، والشعير بالشعير، والتمر بالتمر، والملح بالملح، مثلاً بمثل، سواء بسواء، يدًا بيد، فمن زاد أو استزاد فقد أربى

“Transaksi emas dengan emas, perak dengan perak, gandum dengan gandum, jelai dengan jelai, kurma dengan kurma, garam dengan garam, sama sebanding dan serah terimanya secara langsung. Barangsiapa menambah atau meminta tambahan maka dia telah melakukan riba.”

Diriwayatkan oleh Muslim dalam kitab Shahihnya. Juga diriwayatkan dari Abu Said al-Khudri radhiyallahu `anhu bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

لا تبيعوا الذهب بالذهب إلا مثلاً بمثل، ولا تشفوا بعضها على بعض، ولا تبيعوا الورق بالورق إلا مثلاً بمثل، ولا تشفوا بعضها على بعض، ولا تبيعوا منها غائبًا بناجز

“Janganlah kalian menjual emas dengan emas kecuali sama (nilainya) dan janganlah menambahkan sebagian atas sebagian yang lain. Janganlah menjual perak dengan perak kecuali sama (nilainya) dan janganlah menambahkan sebagian atas sebagian yang lain. Dan janganlah menjual emas dan perak tersebut yang tidak tunai dengan yang tunai.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Imam Ahmad dan Bukhari meriwayatkan bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

الذهب بالذهب، والفضة بالفضة، والبر بالبر، والشعير بالشعير، والتمر بالتمر، والملح بالملح، مثلاً بمثل، يدًا بيد، فمن زاد أو استزاد فقد أربى، الآخذ والمعطي فيه سواء

“Transaksi emas dengan emas, perak dengan perak, gandum dengan gandum, jelai dengan jelai, kurma dengan kurma, garam dengan garam, sama sebanding dan serah terimanya secara langsung. Barangsiapa menambah atau meminta tambahan maka dia telah melakukan riba, orang yang mengambil dan yang memberi hukumnya sama.”

Dan juga diriwayatkan dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu `anhuma bahwasannya dia berkata,

لعن رسول الله صلى الله عليه وسلم آكل الربا وموكله وكاتبه وشاهديه، وقال: هم سواء

“Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam melaknat orang yang memakan harta riba, orang yang menyebabkannya berbuat riba, penulis, dan kedua saksinya. Beliau bersabda: “Mereka semua sama”.” (HR. Muslim)

Adapun kertas cek saat sekarang ini kedudukannya sama dengan emas dan perak sebagai nilai tukar, sehingga hukum kedua masalah tersebut adalah sama. Maka wajib bagi seorang Muslim mencukupkan dirinya terhadap apa yang Allah halalkan dan menjauhi apa yang diharamkan-Nya.

Allah telah melapangkan pintu-pintu usaha dalam kehidupan untuk mencari rezeki, sehingga orang miskin bisa bekerja sebagai buruh atau memperdagangkan perniagaan orang lain dengan sistem mudharabah dengan pembagian hasil setengah dari keuntungan dan semisalnya.

Bukan persentase dari jumlah pinjaman, juga bukan dengan dirham yang jelas keuntungannya. Barangsiapa yang tidak mendapatkan pekerjaan dengan kefakirannya, maka hendaklah masalah mereka diselesaikan dengan harta zakat atau dana jaminan kesejahteraan masyarakat.

Kedua, seorang Muslim baik miskin maupun kaya tidak boleh meminjam dari bank atau tempat lain yang memakai sistem bunga 5 % ,15% atau lebih banyak atau kurang dari itu, karena ini termasuk riba, dan riba termasuk dosa besar.

Allah telah melapangkan berbagai macam cara mencari rezeki yang halal selain riba sebagaimana hal tersebut, yaitu dengan bekerja sebagai buruh perusahaan, bekerja sebagi pegawai negeri, atau memperdagangkan barang perniagaan orang lain dengan cara mudharabah dengan pembagian keuntungan sesuai kesepakatan.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `Ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 3630

Lainnya

Kirim Pertanyaan