Pergi Untuk Studi Dan Tinggal Bersama Orang-orang Kafir

Anda tidak diperkenankan menimba ilmu selain dari orang-orang yang dapat dipercaya. Apalagi untuk ilmu-ilmu agama dan bahasa Arab, karena...
1 menit baca
Pergi Untuk Studi Dan Tinggal Bersama Orang-orang Kafir
Pergi Untuk Studi Dan Tinggal Bersama Orang-orang Kafir

Pertanyaan

Apakah boleh pergi ke negara Amerika untuk studi?

Jawaban

Anda tidak diperkenankan menimba ilmu selain dari orang-orang yang dapat dipercaya. Apalagi untuk ilmu-ilmu agama dan bahasa Arab, karena ini dapat diperoleh dengan mudah di negara-negara Islam, Alhamdulillah.

Oleh karena itu, Anda tidak boleh pergi ke negara-negara kafir untuk studi di sana, kecuali untuk ilmu-ilmu umum yang tidak dapat Anda pelajari dari kaum Muslimin di negara-negara Islam, seperti kedokteran, teknik, dan sejenisnya.

Ini juga boleh dilakukan, apabila tidak dapat mendatangkan para pakar ilmu umum yang memang sangat diperlukan dan dapat dipercaya untuk mengajar di negara-negara Islam dan memberikan pendidikan kepada para pelajar Muslim.

Tentunya jika ada kebutuhan mendesak dari umat ini kepada ilmu-ilmu tersebut. Dengan harapan bahwa setelah mereka lulus, umat Islam tidak perlu lagi mendatangkan orang-orang kafir untuk mengajarkan ilmu-ilmu tersebut kepada kaum Muslimin.

Pergi ke negara-negara kafir untuk studi juga dibolehkan apabila keagamaan Anda telah terbentengi oleh nilai-nilai Islam, sehingga Anda tidak khawatir terpengaruh oleh hal-hal negatif saat belajar dan selama menetap bersama orang-orang kafir.

Dalam kondisi ini Anda boleh pergi ke negara-negara kafir, baik Amerika atau negara-negara lainnya, untuk studi.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 2358 | Link

Lainnya

Kirim Pertanyaan