Umur Hewan Pengangkut Yang Memenuhi Syarat Kurban

2 menit baca
Umur Hewan Pengangkut Yang Memenuhi Syarat Kurban
Umur Hewan Pengangkut Yang Memenuhi Syarat Kurban

Pertanyaan

Di tempat kami terdapat peternakan yang memelihara sapi Belanda. Sapi ini diberi pakan konsentrat sehingga menjadikannya tumbuh besar tiga kali lebih cepat dibandingkan sapi biasa, hanya dalam jangka waktu sepuluh bulan. Apakah sapi tersebut memenuhi syarat untuk kurban Iduladha (udhhiyyah), kurban rangkaian ibadah haji (hady) dan akikah, yang itu untuk tujuh orang?

Jawaban

Sapi baru memenuhi syarat untuk kurban Iduladha dan kurban rangkaian ibadah haji jika telah genap dua tahun. Di bawah umur ini, sapi tersebut belum memenuhi syarat kurban sekalipun banyak daging dan lemaknya. Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu `anhuma, dia berkata, Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam bersabda,

لا تذبحوا إلا مسنة إلا أن يعسر عليكم فتذبحوا جذعة من الضأن

“Janganlah kalian menyembelih hewan kurban kecuali yang telah cukup berumur (musinnah), terkecuali jika menyulitkan kalian, maka kalian boleh menyembelih yang masuk usia akan tanggal dua gigi seri susunya (jadza`ah) dari domba (yaitu domba usia enam bulan lebih sebelum genap setahun)” (HR. Muslim)

Imam An-Nawawi mengatakan, “Para ulama mengatakan, yang telah cukup berumur (al-musinnah) adalah yang telah berganti dua gigi seri susu dengan gigi seri permanen (ats-tsaniyyah) dari setiap hewan baik unta, sapi dan kambing, atau telah berusia di atas usia tersebut.

Hal ini merupakan pernyataan yang jelas bahwa tidak boleh menyembelih hewan yang baru masuk usia akan tanggal dua gigi seri susunya (jadza`ah) selain domba (yaitu domba usia enam bulan lebih sebelum genap setahun) dalam kondisi apapun, dan pendapat inilah yang menjadi kesepakatan (ijmak) ulama sebagaimana dinukilkan Al-Qadhi `Iyadh.” Kutipan selesai. Dan untuk sapi, telah cukup umur (al-musinnah) adalah yang telah berusia dua tahun.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 16977

Lainnya

Kirim Pertanyaan