Syarat-syarat Taubat

1 menit baca
Syarat-syarat Taubat
Syarat-syarat Taubat

Pertanyaan

Apabila seorang muslim menanggalkan perbuatan dosa yang pernah dia lakukan, apa syarat-syarat taubat yang harus diikuti oleh seorang yang bertaubat dari dosa? Apa nasihat Anda kepada orang yang melakukan maksiat, sehingga diharapkan dia akan bertobat sebelum ajal menjemputnya, dan dengan begitu dia tidak merugi dan menyesal?

Jawaban

Pertama, dia harus bertobat dengan sungguh-sungguh dan tulus, menyesali perbuatan dosa yang dilakukannya, dan bertekad untuk tidak mengulanginya lagi, serta mengembalikan barang hasil berbuat zalim kepada pemiliknya dan ini berkaitan dengan sesuatu yang bisa dikembalikan seperti harta benda. Sedangkan hal-hal yang tidak bisa dikembalikan, maka dia harus meminta kerelaan dan maaf kepada mereka, di samping dianjurkan untuk mendoakan mereka dan memuji kebaikan yang mereka lakukan.

Kedua, kami nasihatkan agar dia membaca Alquran dan hadits-hadits yang berisi tentang janji dan ancaman, mengingat akhirat dan kengeriannya, bergaul dengan orang-orang baik, dan menjauhi orang-orang yang jahat, sehingga diharapkan dia mau bertobat atas dosa yang dilakukannya dan meminta ampun kepada Tuhannya, serta menjauhi perbuatan maksiat yang pernah dilakukannya.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 3866

Lainnya

Kirim Pertanyaan