Siklus Haidnya Berubah Setelah Menjalani Operasi

3 menit baca
Siklus Haidnya Berubah Setelah Menjalani Operasi
Siklus Haidnya Berubah Setelah Menjalani Operasi

Pertanyaan

Saya memiliki seorang saudara perempuan yang pernah melakukan beberapa kali operasi pada wilayah sekitar rahimnya, yaitu operasi membuka perut dan operasi pembersihan.

Hal ini mengakibatkan siklus haidnya tidak berhenti hingga datang dua sampai tiga kali dalam sehari semalam. Terkadang darah itu datang secara terus-menerus dalam bentuk tetesan kecil tapi tidak berhenti.

Sebelum operasi itu siklusnya teratur tapi setelah operasi menjadi tidak teratur lagi. Setelah melakukan beberapa kali operasi haidnya datang secara terus-menerus. Saat ini, ia mengkonsumsi obat resep dokter empat kali dalam sehari semalam. Pertanyaan saya adalah:

1. Pada tahun ini, ia tidak berpuasa Ramadan dan tidak dapat menqada puasa sebelumnya hingga datang Ramadan ini. Bagaimanakah caranya mengqada puasa tahun lalu? Dan bagaimana pula berpuasa untuk tahun ini sementara dokter telah berpesan agar tidak menghentikan obat karena khawatir penyakitnya dapat bertambah? Semoga Allah tidak menetapkan demikian. Wallahu A`lam.

2. Saat ini, ia melaksanakan sebagian salat wajib dan meninggalkan sebagian yang lain. Apa hukum salatnya tersebut? Bagaimana seharusnya ia melaksanakannya (kapan)?

3. Cara mengerjakan ibadah haji dan umrah jika ia terus dalam keadaan ini. Maksudnya hukum mengerjakan puasa, haji, umrah dan salat. Bagaimana mengerjakan ibadah-ibadah tersebut jika ia masih berada dalam keadaan itu?

Berilah kami penjelasan, semoga Allah memberikan balasan terbaik kepada Anda atas jasa Anda bagi Islam dan kaum Muslimin. Dan semoga Allah menyembuhkan kita semua dari segala jenis penyakit.

Jawaban

Perempuan ini dihukumi sebagai perempuan mustahadah (yang mengeluarkan darah istihadah) biasa, karena ia memiliki siklus haid yang teratur sebelum melakukan operasi-operasi itu sehingga ia mengetahui waktu kebiasaan siklus haidnya dan waktu sucinya. Oleh karena itu, ia cukup berpegang pada kebiasaan siklus haidnya yang lalu dan tidak mengerjakan shalat serta puasa pada waktu itu.

Jika jumlah hitungan hari haidnya sudah terlewati maka ia harus mandi dan sedapat mungkin membalut kemaluannya dengan kapas atau sejenisnya guna menghalangi darah yang keluar. Lalu ia melaksanakan salat dan puasa jika mampu berpuasa. Ia juga harus mengqada puasa yang ditinggalkan selama hari-hari haidnya. Ia dihukumi seperti perempuan suci lainnya sehingga dibolehkan digauli oleh suaminya meskipun masih keluar darah atau tetesan darah.

Itu karena darah yang dijumpai setelah hari haidnya merupakan darah istihadah. Namun, ia wajib berwudu untuk setiap waktu salat jika ada sesuatu yang keluar setelah wudu sebelumnya.

Lalu jika setelah melakukan beberapa operasi perempuan ini merasa kesusahan untuk berpuasa atau bisa mendapatkan bahaya jika tidak mengkonsumsi obat pada siang hari, atau dapat bertambah penyakitnya jika tidak mengkonsumsinya atau memberlambat kesembuhannya sebagaimana disebutkan oleh dokter yang memeriksanya, maka berarti ia dihukumi sebagai orang sakit yang dibolehkan untuk tidak berpuasa selama puasa Ramadan.

Jika penyakitnya itu merupakan penyakit yang umumnya dapat disembuhkan maka ia harus menunggu hingga sembuh dengan izin Allah untuk mengqada hari-hari yang ia tinggalkan selama Ramadan.

Namun, jika penyakitnya itu tidak dapat disembuhkan pada umumnya dan akan terus ada bersamanya yang hal itu dinyatakan oleh para dokter maka ia harus memberi makan seorang fakir miskin untuk setiap satu hari yang ditinggalkan. Jumlah makanan yang diberikan adalah setengah sha` dari gandum, kurma, beras atau makanan lain yang menjadi makanan pokok penduduk negerinya.

Adapun beratnya dengan timbangan adalah kurang lebih satu setengah kilogram. Dalam keadaan ini maka ia tidak apa-apa tidak berpuasa dan tidak mengqadanya. Ini berdasarkan firman Allah Ta’ala,

وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ

“Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin.” (QS. Al-Baqarah: 184)

Dan firman-Nya,

لاَ يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلا وُسْعَهَا

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (QS. Al-Baqarah: 286)

Juga firman Allah,

وَمَا جَعَلَ عَلَيْكُمْ فِي الدِّينِ مِنْ حَرَجٍ

“Dan Dia sekali-kali tidak menjadikan suatu kesempitan untukmu dalam agama.” (QS. Al-Hajj: 78)

Adapun haji dan umrah perempuan ini, jika hari-hari teratur dari siklus haidnya yang ia ketahui bertepatan dengan hari-hari pelaksanaan haji dan umrah maka disunahkan baginya untuk mandi dan melaksanakan ihram haji atau umrah.

Hal ini karena Nabi shallallahu `alaihi wa sallam memerintahkan Aisyah untuk mandi guna berihram haji padahal ia sedang dalam keadaan haid.

Dalam riwayat yang sahih, beliau juga pernah memerintahkan Asma’ binti `Umais yang sedang nifas untuk mandi. Perempuan ini juga hendaknya melakukan semua apa yang dilakukan oleh jamaah haji kecuali melakukan tawaf di Ka`bah selama hari-hari siklus haidnya.

Jika hari-hari tersebut telah lewat atau tidak bertepatan dengan hari-hari haji atau umrah yaitu ketika ia berihram dengan keduanya maka ia dihukumi sebagai perempuan mustahadah, yaitu ia harus menutup kemaluannya dengan kapas atau sejenisnya agar tidak mengotori masjid.

Lalu melakukan tawaf. Itu tidak apa-apa ia lakukan. Kemudian ia menyempurnakan ritual-ritual ibadah haji dan umrah lainnya.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 19801

Lainnya

  • Nabi Shallahu `Alaihi wa Sallam berihram dari Dzulhulaifah, yakni berihram untuk ibadah haji/umrah dan bertalbiyah dari sana, bukan dari...
  • Anda tidak boleh mencium istri-istri paman Anda dan istri-istri saudara Anda. Mereka wajib bercadar di hadapan Anda. Anda wajib...
  • Berbohong tentang mimpi hukumnya haram. Ada sebuah riwayat yang berisi ancaman bernada mencela terhadap perbuatan tersebut. Dari Ibnu Umar...
  • Tidur telungkup hukumnya makruh, berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dari Thafkhah bin Qais al-Ghifari yang berkata, بينما...
  • Makna perkataan para ahli hadits ketika meriwayatkan sebuah hadits sebagai ‘marfu’: Perawi hadits itu adalah sahabat Nabi yang mengaitkan...
  • Zuhud bukanlah memakai pakaian lusuh, mengasingkan diri dari masyarakat, dan bukan pula berpuasa sepanjang tahun karena Nabi Shallallahu `Alaihi...

Kirim Pertanyaan