Saya Sakit Dan Tidak Pergi Ke Masjid Karena Merasa Sangat Tidak Nyaman

1 menit baca
Saya Sakit Dan Tidak Pergi Ke Masjid Karena Merasa Sangat Tidak Nyaman
Saya Sakit Dan Tidak Pergi Ke Masjid Karena Merasa Sangat Tidak Nyaman

Pertanyaan

Saya merasakan kembung dan masuk angin berkepanjangan dalam perut yang menyebabkan saya malu dan tidak nyaman karena selalu terdengar suara pada perut saya berguncang, sampai-sampai orang yang berada di samping dan di dekat saya mendengar suara tersebut.

Hal tersebut membuat saya sangat tidak nyaman hingga membuyarkan kekhusyu`an dan konsentrasi saya pada saat shalat, sampai-sampai saya tidak tahu apa yang dibaca oleh imam, dan berapa rakaat yang sudah saya kerjakan. Itu membuat saya menghindar dan tidak pergi ke masjid karena sangat tidak nyaman.

Saya sudah pergi ke banyak dokter tapi mereka semua mengatakan bahwa penyakit saya adalah sindrom usus besar dan tidak ada obatnya. Apakah saya berdosa karena tidak pergi ke masjid dan tidak shalat berjamaah?

Jawaban

Apa yang Anda sebutkan tidak menjadi alasan yang menjadi penghalang bagi Anda untuk berangkat ke masjid untuk shalat berjamaah. Mohonlah pertolongan kepada Allah, dan tinggalkan rasa was-was tersebut. Mintalah kesembuhan kepada Allah dan Allah akan membantu Anda.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 20341

Lainnya

Kirim Pertanyaan