Pintu Masuk Setan Ke Diri Manusia

1 menit baca
Pintu Masuk Setan Ke Diri Manusia
Pintu Masuk Setan Ke Diri Manusia

Pertanyaan

Apa jalan yang dilalui setan untuk masuk ke diri manusia?

Jawaban

Jalan setan masuk ke dalam diri manusia itu banyak, antara lain:

1. Setan hadir dalam diri manusia lewat jalur syahwat kemaluannya. Dia akan membujuk manusia untuk berzina, mengiba-iba kepadanya agar mau berkhalwat dengan wanita-wanita yang bukan mahramnya, memandangi, berbaur, mendengarkan nyanyian mereka dan lain-lain. Dia akan terus menggoda manusia hingga mau melakukan perbuatan keji.

2. Setan hadir dalam diri manusia lewat jalur syahwat perut. Dia membujuk manusia untuk makan makanan haram, minum minuman keras, memakai narkoba dan lain-lain.

3. Setan hadir dalam diri manusia lewat jalur naluri keinginan memiliki harta dan kecenderungan untuk menjadi kaya raya. Dia akan menggoda manusia untuk menempuh segala cara mendapatkan penghasilan, baik halal ataupun haram, sehingga manusia ini tidak peduli lagi kalau dia memakan harta orang lain dengan cara batil lewat praktk riba, pencurian, perampasan, penggelapan, kecurangan dan lain-lain.

Setan hadir dalam diri manusia lewat jalur naluri keinginan memiliki kekuasan, keagungan dan kebesaraan; sehingga manusia ini sombong, sewenang-wenang, merendahkan dan memperolok-olok orang lain. Dan banyak lagi pintu masuk lainnya.

Silakan Anda merujuk masalah ini ke kitab Talbis al-Iblis karya Abu Al-Faraj Ibnu Al-Jauzi

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 9297

Lainnya

Kirim Pertanyaan