Perbedaan Antara Darah Haid Dan Darah Istihadhah

1 menit baca
Perbedaan Antara Darah Haid Dan Darah Istihadhah
Perbedaan Antara Darah Haid Dan Darah Istihadhah

Pertanyaan

Saya membaca kitab karangan Anda Qadhaya Tuhimmul Mar`ah bahwa saya mungkin dapat membedakan antara darah haid dengan darah istihadhah. Darah istihadhah adalah satu atau dua tetes darah atau air yang bercampur darah.

Dan ketika sedang istihadhah maka cukup bagi saya berwudhu setiap kali melaksanakan shalat dan ibadah yang lain. Bolehkah melaksanakan shalat sunah (ketika sedang istihadhah), dan apakah shalat saya diterima hanya dengan mencuci pakaian dalam saja atau harus mencuci seluruh pakaian saya?

Jawaban

Pakaian yang terkena darah wajib dicuci jika dipakai untuk shalat, begitu juga dengan sajadah yang Anda jadikan tempat shalat. Apabila anda sedang istihadhah, Anda cukup berwudhu dan melakukan shalat wajib serta melakukan shalat-shalat sunah jika Anda berkehendak. Jika tiba waktu shalat berikutnya maka Anda harus berwudu lagi seperti wudhu sebelumnya.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 14893

Lainnya

Kirim Pertanyaan