Pahala Menyokong Halakah Hafalan Alquran Dengan Memberikan Dukungan Material Dan Moral

1 menit baca
Pahala Menyokong Halakah Hafalan Alquran Dengan Memberikan Dukungan Material Dan Moral
Pahala Menyokong Halakah Hafalan Alquran Dengan Memberikan Dukungan Material Dan Moral

Pertanyaan

Anda tentu mengetahui -semoga Allah memberi taufik kepada Anda- bahwa negara kami -semoga Allah menjaganya- terhitung sebagai salah satu benteng dan menara Islam. Di berbagai penjuru negara kami tersebar halakah-halakah tahfizh Alquranulkarim dan Sunah Nabi yang bercirikan penerapan metode dan sistem pendidikan berdasarkan akidah salaf yang sahih secara baik. Halakah-halakah ini membutuhkan dukungan materi dari pada dermawan dan orang-orang mampu.

Pertanyaan saya wahai Syaikh yang mulia, apabila saya menyokong halakah-halakah ini dengan memberikan bantuan material dan moral kepadanya, seperti menanggung gaji guru Alquran, hadiah untuk para pelajar atau membantu berbagai kebutuhan halakah lainnya, seperti menyediakan sarana transportasi untuk para pelajar, membangun gedung halakah dan sebagainya, apakah saya terhitung masuk ke dalam hadis Nabi shallallahu `alaihi wa sallam,

الدال على الخير كفاعله

“Orang yang menunjukkan kepada kebaikan mendapatkan pahala seperti orang yang melakukan kebaikan tersebut.”

Dan sabda beliau,

خيركم من تعلم القرآن وعلمه

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Alquran dan mengajarkannya.”

Dan apakah pahala para pelajar tersebut juga sampai kepada saya, karena saya menjadi sebab bagi mereka untuk dapat mempelajari Alquran dan Sunnah? Mohon beri kami fatwa semoga Anda mendapat pahala dan Allah membalas Anda dengan sebaik-baiknya dan menjadikan ilmu Anda bermanfaat bagi Islam dan kaum muslim.

Jawaban

Anda termasuk dalam keumuman sabda Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam,

من دل على خير فله مثل أجر فاعله

“Barangsiapa memberi petunjuk kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang melakukannya.” (HR. Imam Muslim rahimahullah)

Dan hadis,

خيركم من تعلم القرآن وعلمه

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Alquran dan mengajarkannya.” (HR. Imam Al-Bukhari Abu Dawud dan At-Tirmidzi rahimahumullahu Ta`ala)

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 21255

Lainnya

Kirim Pertanyaan