Mimpi Yang Baik Itu Dari Allah Dan Mimpi Yang Buruk Itu Dari Setan

1 menit baca
Mimpi Yang Baik Itu Dari Allah Dan Mimpi Yang Buruk Itu Dari Setan
Mimpi Yang Baik Itu Dari Allah Dan Mimpi Yang Buruk Itu Dari Setan

Pertanyaan

Dalam tidurku saya bermimpi seseorang mengalami kecelakaan mobil semoga ini tidak terjadi atau dibunuh oleh salah seorang jamaah saya. Mimpi ini muncul hanya dalam tidur selepas salat Subuh. Mohon penjelasan takwil mimpi tersebut.

Jawaban

Mimpi tersebut dari setan. Hendaklah setelah terbangun Anda meludah ke sebelah kiri dan memohon perlindungan kepada Allah dari setan dan keburukan yang Anda mimpikan sebanyak tiga kali, lalu berbaliklah ke sebelah yang lain, maka sesungguhnya mimpi tersebut tidak memberikan mudarat kepada Anda, dan seyogyanya Anda tidak menceritakannya kepada orang lain sesuai sabda Nabi Shallallahu `Alaihi wa Sallam,

الرؤيا الصالحة من الله، والحلم من الشيطان، فإذا رأى أحدكم منها ما يكره، فلينفث عن يساره ثلاث مرات، وليتعوذ بالله من الشيطان ومن شر ما رأى ثلاث مرات، ثم ينقلب على جنبه الآخر، فإنها لا تضره، ولا يخبر بها أحدًا

“Mimpi yang baik itu dari Allah dan mimpi yang buruk itu dari setan. Barangsiapa mimpi sesuatu yang dibencinya, hendaknya ia meludah ke sebelah kirinya tiga kali dan hendaklah ia memohon perlindungan dari setan dan dari kejelekan mimpinya tiga kali, lalu ia membalikkan badannya ke sebelah yang lain, maka sesungguhnya mimpi itu tidak memberi mudarat kepadanya, dan janganlah ia menceritakannya kepada orang lain.”

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 3785

Lainnya

Kirim Pertanyaan