Menuliskan Merek Dagang “Alu Abdurrahman” Di Plastik Pembungkus

1 menit baca
Menuliskan Merek Dagang “Alu Abdurrahman” Di Plastik Pembungkus
Menuliskan Merek Dagang “Alu Abdurrahman” Di Plastik Pembungkus

Pertanyaan

Saya memiliki beberapa toko di kota Khamis Musyaith. Kami telah mencetak merek dagang kami pada plastik pembungkus barang-barang yang dibeli para pelanggan kami. Merek dagang kami adalah Alu Abdurrahman.

Seorang penuntut ilmu pernah mengunjungi kami dan mengatakan kepada kami bahwa apa yang kami lakukan tersebut tidak dibolehkan. Karena plastik-plastik tersebut akan dibuang di tempat-tempat yang tidak layak, bahkan untuk sekedar disebutkan.

Dia menambahkan bahwa bersikeras untuk tetap melakukannya adalah kekafiran. Kami sendiri, alhamdulillah, tidak bermaksud menghinakan lafal Jalalah. Yang kami lakukan murni berangkat dari niat baik.

Kemudian merek dagang kami ini sudah kami pakai sejak bertahun-tahun lamanya. Apabila yang kami lakukan adalah kekafiran, maka kami akan meninggalkan hal tersebut.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka kami sepakat untuk melayangkan surat ini kepada Anda karena kepercayaan kami kepada Anda. Semoga Allah mengasihi Anda.

Jawaban

Wajib mengganti merek dagang yang ditulis pada plastik pembungkus tersebut, karena terdapat salah satu nama Allah Ta’ala di dalamnya, yaitu Ar-Rahman.

Jika tetap menjadikannya sebagai merek dagang, maka hal tersebut membuatnya berpotensi untuk dihinakan. Oleh karenanya, carilah merek yang tidak mengandung nama Allah. Semoga Allah memberi taufik kepada Anda.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `Ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 17967

Lainnya

Kirim Pertanyaan