Menulis Ucapan Salam Untuk Mayit Di Papan Besar

1 menit baca
Menulis Ucapan Salam Untuk Mayit Di Papan Besar
Menulis Ucapan Salam Untuk Mayit Di Papan Besar

Pertanyaan

Jam’iyyah “Al-Birru” di propinsi al-Jawf berniat membuat ucapan salam untuk mayit di papan besar dan dengan tulisan yang jelas kemudian memasangnya di pintu-pintu kuburan di kawasan itu.

Tujuannya adalah untuk mengingatkan orang-orang agar mereka tidak lupa mengucapkan salam saat hendak mengubur jenazah atau ziarah ke kuburan. Oleh karena itu, kami berharap Anda sudi memberikan pengarahan kepada kami mengenai bentuk ucapan salam yang harus kami tuliskan.

Jawaban

Yang dibolehkan syariat adalah mengajarkan kepada orang-orang tentang doa-doa dan etika, baik di sekolah-sekolah, ceramah-ceramah maupun dalam kesempatan yang lain, termasuk mengajarkan tata cara masuk kuburan dan mengucapkan salam kepada kaum muslimin yang telah meninggal dunia.

Adapun menulis ucapan salam di papan kemudian memasangnya di dinding-dinding kuburan tidak termasuk praktik ulama salaf. Oleh karena itu, hal ini hendaknya tidak dilakukan.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 20480 | Link

Lainnya

Kirim Pertanyaan