Menulis Ayat-ayat Al-Quran Al-Karim Pada Keramik

1 menit baca
Menulis Ayat-ayat Al-Quran Al-Karim Pada Keramik
Menulis Ayat-ayat Al-Quran Al-Karim Pada Keramik

Pertanyaan

Kami sampaikan bahwa kami akan mengimpor kertas thermal yang bertuliskan ayat-ayat Al-Quran, gambar Masjid al-Haram, dan Masjid Nabawi untuk dipasang pada keramik produk pabrik kami, sesuai sampel barang yang kami sertakan. Kami mohon Anda berkenan memeriksa dan memberikan persetujuan.

Jawaban

Tidak boleh meletakkan ayat-ayat Al-Quran, Asmaul Husna, gambar Masjid al-Haram, dan Masjid Nabawi pada keramik atau produk kerajinan seni karena dapat menimbulkan banyak hal-hal yang tidak diinginkan.

Antara lain membuka peluang ayat Al-Quran dan nama Allah dilecehkan karena diletakkan pada tempat-tempat yang tidak layak. Ada kemungkinan juga dijadikan sebagai tempat mencari berkah dan bergantung kepada selain Allah. Di samping itu, perbuatan tersebut tidak dicontohkan oleh para ulama salaf umat Islam.

Mengagungkan agama dan syiar-syiarnya dimantapkan dalam hati, kemudian diwujudkan melalui anggota badan yang bersungguh-sungguh menerapkan syariat, melaksanakan amal ibadah, dan merasa tidak suka jika larangan-larangan Allah dilanggar, bukan dengan menuliskannya di dinding dan bejana.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 20475

Lainnya

Kirim Pertanyaan