Mengutamakan Satu Surat al-Quran Terhadap Surat Yang Lain

1 menit baca
Mengutamakan Satu Surat al-Quran Terhadap Surat Yang Lain
Mengutamakan Satu Surat al-Quran Terhadap Surat Yang Lain

Pertanyaan

Benarkan bahwa membaca dan merenungkan beberapa surat al-Quran mendatangkan pahala, keutamaan yang banyak serta keistimewaan-keistimewaan dibanding dengan surat-surat al-Quran yang lain, seperti surat Yasin? Apa saja keutamaan-keutamaan tersebut?

Jawaban

Keutamaan antara ayat-ayat dan surat-surat al-Quran ada dalilnya dalam as-Sunnah yang suci, seperti keutamaan surat al-Fatihah, ayat al-Kursi, surat al-Ikhlash dan yang lainnya, dengan tetap meyakini bahwa semua adalah benar-benar firman Allah.

Keutamaan beberapa surat dan ayat tersebut karena kandungan maknanya yang khusus, dan karena ada penjelasan dari as-Sunnah mengenai keutamaan tersebut. Keutamaan tersebut datang secara tawqif (berdasarkan wahyu) dan bukan dari ijtihad.

Tentang surat Yasin, kami tidak menemukan hadis sahih dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang mengkhususkannya dengan keutamaan-keutamaan tertentu. Wallahu A`lam.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 20414

Lainnya

Kirim Pertanyaan