Mengucapkan Sayyidina Muhammad

1 menit baca
Mengucapkan Sayyidina Muhammad
Mengucapkan Sayyidina Muhammad

Pertanyaan

Ketika berselawat manakah yang benar, apakah mengucapkan, “Sayyidina Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam,” atau mengucapkan, “Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam?”

Jawaban

Masalah ini fleksibel (mudah dan luwes). Dibolehkan mengucapkan “Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam,” atau “Sayyidina Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam,” karena dia adalah penghulu bagi sekalian umat manusia dari awal hingga akhir, ‘Alaihish-Shalatu Wassalam. Akan tetapi pada azan dan ikamah tidak boleh diucapkan “Sayyidina,” tetapi harus diucapkan sebagaimana dijelaskan dalam sejumlah hadits,

أشهد أن محمدًا رسول الله

“Saya bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah.”

Demikian juga ketika tasyahud dalam salat tidak boleh diucapkan ‘sayyidina,’ tetapi harus diucapkan sebagaimana dijelaskan dalam sejumlah hadits shahih. Hal demikian menunjukkan bahwa mengamalkan sunah lebih dekat kepada adab, dan mengikuti sunah tanpa mengucapkan ‘sayyid’ lebih sempurna.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 2759

Lainnya

Kirim Pertanyaan