Mengeraskan Suara Di Hadapan Kedua Orang Tua

1 menit baca
Mengeraskan Suara Di Hadapan Kedua Orang Tua
Mengeraskan Suara Di Hadapan Kedua Orang Tua

Pertanyaan

Apakah boleh menaikkan volume suara di hadapan orang tua ketika berdiskusi tentang masalah agama? Apakah doa mereka akan dikabulkan apabila mereka berdoa jelek untuk Anda padahal Anda bermaksud menasihati mereka?

Jawaban

Allah memerintahkan agar berbuat baik dan berbakti serta berlemah-lembut kepada kedua orang tua. Allah Ta’ala berfirman,

وَقَضَى رَبُّكَ أَلا تَعْبُدُوا إِلا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلاهُمَا فَلا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلاَ تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلا كَرِيمًا (23) وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّي ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا (24) رَبُّكُمْ أَعْلَمُ بِمَا فِي نُفُوسِكُمْ إِنْ تَكُونُوا صَالِحِينَ فَإِنَّهُ كَانَ لِلأَوَّابِينَ غَفُورًا

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.(23) Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil”.(24) Tuhanmu lebih mengetahui apa yang ada dalam hatimu; jika kamu orang-orang yang baik, maka sesungguhnya Dia Maha Pengampun bagi orang-orang yang bertaubat” (QS. Al-Israa’: 23-25)

Dari ayat suci ini dapat diketahui bahwa tidak boleh menaikkan volume suara di hadapan kedua orang tua, tetapi wajib bersopan santun dan merendahkan diri dengan penuh sayang kepada mereka. Doa jelek mereka untuk anak mereka sangat berbahaya dan doa tersebut bisa dikabulkan apabila seorang anak berbuat zalim kepada mereka.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 4494

Lainnya

Kirim Pertanyaan