Mengambil Beasiswa Dengan Cara Mencari-cari Alasan

1 menit baca
Mengambil Beasiswa Dengan Cara Mencari-cari Alasan
Mengambil Beasiswa Dengan Cara Mencari-cari Alasan

Pertanyaan

Saya menerima beasiswa bulanan sebesar 600 riyal dari sekolah tempat saya belajar. Di antara syarat untuk berhak mendapatkan beasiswa ini adalah jarak tempat tinggal siswa ke sekolah harus sejauh lima belas kilometer. Sebelumnya saya pernah menerima beasiswa tersebut karena jarak rumah saya ke sekolah sekitar lebih dari lima belas kilometer.

Wallahu a’lam. Kemudian rumah saya pindah ke tempat yang lebih dekat dengan sekolah, di mana jaraknya ke sekolah tiga kilometer. Wallahu a’lam. Saya sangat membutuhkan beasiswa ini, karena biaya makan dan minum saya tertutupi dari beasiswa tersebut, di samping itu saya pergi ke sekolah dengan mengendarai kendaraan. Apakah saya boleh mengambil beasiswa ini?

Jawaban

Apabila perbuatan Anda tersebut menyalahi peraturan pihak penyalur beasiswa, maka Anda tidak boleh mengambilnya. Hal ini berdasarkan sabda Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam,

المسلمون على شروطهم

“Kaum Muslimin terikat oleh syarat yang telah mereka tentukan.”

Dan alasan yang dicari-cari seperti ini tidak dibolehkan. Semoga Allah memberi taufik kepada kita semua.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 17815

Lainnya

Kirim Pertanyaan