Menderita Diabetes Dan Mengeluarkan Kencing Secara Terus-menerus

1 menit baca
Menderita Diabetes Dan Mengeluarkan Kencing Secara Terus-menerus
Menderita Diabetes Dan Mengeluarkan Kencing Secara Terus-menerus

Pertanyaan

Saya adalah seorang lelaki yang menderita diabetes. Saya juga mengeluarkan air kencing ketika sedang melaksanakan shalat di masjid. Akhirnya, saya keluar dari shalat untuk mengganti pakaian saya dan mengulangi wudhu. Apa yang harus saya lakukan? Mohon berilah saya fatwa semoga Allah memberikan pahala kepada Anda.

Jawaban

Jika air kencing itu keluar secara terus-menerus maka Anda harus beristinja (cebok) ketika ingin melaksanakan salat. Lalu letakkan sesuatu pada kemaluan Anda guna mencegah merembesnya air ke badan dan pakaian Anda. Lalu berwudhulah dan laksanakan shalat ketika telah masuk waktunya. Jika ada air kencing yang keluar ketika Anda melaksanakan salat maka shalat Anda dalam kondisi tersebut adalah sah.

Hal ini berdasarkan firman Allah Ta’ala,

فَاتَّقُوا اللَّهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ

“Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu.” (QS. At-Taghabun: 16)

Adapun jika kencing itu tidak keluar secara terus-menerus maka Anda harus meninggalkan shalat jika keluar ketika sedang melaksanakannya. Kemudian Anda harus membersihkan badan dan pakaian Anda yang terkena kencing lalu berwudhu dan melaksanakan shalat.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 18431

Lainnya

Kirim Pertanyaan