Mencari-cari Alasan Dalam Merekrut Para Pekerja

1 menit baca
Mencari-cari Alasan Dalam Merekrut Para Pekerja
Mencari-cari Alasan Dalam Merekrut Para Pekerja

Pertanyaan

Seorang laki-laki tidak mempunyai hak kuasa untuk memberi jaminan (izin menetap) kepada istrinya, padahal dia berkeinginan untuk membawanya ke Bahrain. Sang istri hanya bisa didatangkan jika dia dibuatkan surat permohonan sebagai pengasuh.

Secara resmi, mereka memaksudkannya sebagai pengasuh anak orang lain. Namun, niat pembuatan visanya yang sesungguhnya adalah menjadi ibu rumah tangga, yakni mengasuh anak-anaknya sendiri. Apakah ini dibolehkan atau dianggap sebagai sebagai penipuan?

Jawaban

Jika wanita tersebut datang untuk bekerja sebagai pengasuh bagi anak-anak yang memberinya jaminan (sponsor), maka tidak apa-apa. Namun, jika dia datang untuk menetap bersama suaminya dan tidak bekerja sebagai pengasuh padahal calling visanya (perekrutannya supaya datang) atas nama pengasuh hanya sebagai alasan, maka perbuatan ini tidak diperbolehkan dan ini termasuk penipuan yang diharamkan.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 2206

Lainnya

Kirim Pertanyaan