Membeli Mobil Untuk Show Room Tempatnya Bekerja Dan Mencatatnya Sebagai Miliknya

1 menit baca
Membeli Mobil Untuk Show Room Tempatnya Bekerja Dan Mencatatnya Sebagai Miliknya
Membeli Mobil Untuk Show Room Tempatnya Bekerja Dan Mencatatnya Sebagai Miliknya

Pertanyaan

Saya bekerja di show room pelelangan mobil dan pemilik show room tersebut berkata kepada saya, “Jika kamu menemukan mobil yang masih bagus, beli saja mobil itu atas namamu dan bayar dulu uang mukanya. Kemudian kamu ambil uang pembayaran dari kami dan berikan kepada pemilik mobil itu”. Terkadang mereka memberi kami 500 riyal jika mereka mendapatkan untung, tapi terkadang tidak memberi kami apa-apa.

Perlu diketahui bahwa mereka tidak pernah mewakilkan kepada kami untuk membelikan mobil untuk mereka. Seandainya pemilik mobil mengetahui hal itu, maka dia tidak akan menjualnya untuk show room pelelangan mobil tersebut. Saya merasa bahwa saya telah berbohong kepada pemilik mobil bahwa saya membelinya untuk saya sendiri, padahal saya membelinya untuk show room tempat pelelangan mobil.

Terkadang para pemilik show room berkata kepada kami, “Kamu tidak bisa membedakan antara mobil yang bagus dengan mobil yang rusak”. Mereka mengatakan hal itu sebagai alasan untuk tidak memberi kami apa-apa. Salah seorang pemuda saleh memberitahu saya bahwa ini adalah riba.

Inilah yang membuat saya menyampaikan permasalahan ini kepada para ulama, agar dapat saya sampaikan kepada para pekerja di show room-show room tempat pelelangan mobil dan sebagai nasehat untuk para pemilik show room tersebut. Perlu diketahui bahwa banyak orang yang baik yang rajin melakukan salat juga bekerja di show room-show room tersebut.

Jawaban

Anda tidak boleh membeli mobil untuk sebuah show room dengan menggunakan nama Anda, karena ini termasuk kebohongan dan penipuan. ika Anda membeli mobil dengan nama Anda, maka ia menjadi milik Anda dan Anda boleh menjualnya ke show room tersebut atau ke tempat lain.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 21896

Lainnya

Kirim Pertanyaan