Membaca Al-Quran Ketika Muazin Mengumandangkan Adzan

1 menit baca
Membaca Al-Quran Ketika Muazin Mengumandangkan Adzan
Membaca Al-Quran Ketika Muazin Mengumandangkan Adzan

Pertanyaan

Jika seseorang datang ke masjid sebelum adzan dan salat fardhu, lalu duduk untuk membaca Al-Quran, kemudian muazin mengumandangkan adzan saat dia masih membaca, maka manakah yang lebih utama dari dua pilihan berikut:

1. membaca tanpa suara yang dapat mengganggu dan tidak mengikuti muazin kecuali di dua takbir terakhir, kemudian berhenti membaca Al-Quran untuk mengulangi seluruh azan dari takbir pertama kecuali al-hay`alah (bacaan “hayya `ala ash-shalah” atau “hayya `ala al-falah”).

Dengan demikian, apabila muazin telah selesai adzan dan dia telah selesai melafalkannya pula secara keseluruhan, maka dia mendapat dua keutamaan:

Yaitu karena melafalkan azan seperti muazin dan mengambil kesempatan membaca Al-Quran pada saat awal azan, serta keutamaan karena telah mengambil kesempatan mengikuti muazin per kalimat (dimulai dari dua takbir terakhir),

2. ataukah lebih utama jika dia menghentikan bacaan Al-Quran dan menjawabnya dengan mengikuti kalimat muazin satu per satu?

Jawaban

Disunnahkan baginya untuk menghentikan bacaan dan menjawab muazin kalimat per kalimat, sesuai sabda Nabi Muhammad Shallallahu `Alaihi wa Sallam,

إذا سمعتم المؤذن فقولوا مثل ما يقول

“Jika kalian mendengar seorang muazin (mengumandangkan azan), maka ucapkan seperti apa yang dia ucapkan.” Muttafaq `Alaih (riwayat Bukhari dan Muslim).

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 9328

Lainnya

Kirim Pertanyaan