Melaksanakan Hukum Had ketika Tidak Ada Penguasa Muslim

2 menit baca
Melaksanakan Hukum Had ketika Tidak Ada Penguasa Muslim
Melaksanakan Hukum Had ketika Tidak Ada Penguasa Muslim

Pertanyaan

Apakah boleh melaksanakan hukum had pada saat penguasa muslim tidak ada?

Jawaban

Hukum had hanya boleh dilaksanakan oleh penguasa muslim atau orang yang mewakilinya, demi menjaga stabilitas keamanan, mencegah perilaku penindasan, dan mengamankan kezaliman. Sementara pelaku tindak kriminalitas tersebut wajib meminta ampun, bertobat kepada Allah, dan memperbanyak amal saleh. Jika pelaku sudah bertobat kepada Allah dengan tulus, maka Allah akan menerima tobatnya dan memberikan ampunan sebagai bentuk karunia dan kebaikan-Nya. Allah Ta’ala berfirman,

وَالَّذِينَ لاَ يَدْعُونَ مَعَ اللَّهِ إِلَهًا آخَرَ وَلاَ يَقْتُلُونَ النَّفْسَ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلا بِالْحَقِّ وَلاَ يَزْنُونَ وَمَنْ يَفْعَلْ ذَلِكَ يَلْقَ أَثَامًا (68) يُضَاعَفْ لَهُ الْعَذَابُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَيَخْلُدْ فِيهِ مُهَانًا (69) إِلا مَنْ تَابَ وَآمَنَ وَعَمِلَ عَمَلا صَالِحًا فَأُولَئِكَ يُبَدِّلُ اللَّهُ سَيِّئَاتِهِمْ حَسَنَاتٍ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

” Dan orang-orang yang tidak menyembah tuhan lain beserta Allah dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina. Barangsiapa melakukan yang demikian itu, niscaya dia mendapat (pembalasan) dosa (nya).(68) (yakni) akan dilipat gandakan azab untuknya pada hari kiamat dan dia akan kekal dalam azab itu, dalam keadaan terhina,(69) kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh; maka kejahatan mereka diganti Allah dengan kebaikan. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Furqon: 68-70)

Allah juga berfirman,

وَإِنِّي لَغَفَّارٌ لِمَنْ تَابَ وَآمَنَ وَعَمِلَ صَالِحًا ثُمَّ اهْتَدَى

“Dan sesungguhnya Aku Maha Pengampun bagi orang yang bertaubat, beriman, beramal saleh, kemudian tetap di jalan yang benar.” (QS. Thaahaa: 82)

Dalam hal ini, Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

الإسلام يهدم ما كان قبله، والتوبة تهدم ما كان قبلها

“Islam menghapuskan dosa yang terdahulu (ketika kafir), dan tobat juga menghapuskan dosa yang terdahulu.”

Beliau juga bersabda,

التائب من الذنب كمن لا ذنب له

“Orang yang bertobat dari dosa sama seperti orang yang tidak memiliki dosa.”

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 16815

Lainnya

Kirim Pertanyaan