Mayat Tidak Bisa Berbuat Apa-apa

1 menit baca
Mayat Tidak Bisa Berbuat Apa-apa
Mayat Tidak Bisa Berbuat Apa-apa

Pertanyaan

Beberapa orang yang bisa dipercaya memberitahu saya bahwa mereka pernah menyaksikan ketika jenazah seorang Muslim dibawa dari rumah menuju ke pekuburan, tiba-tiba peti mati bergerak tidak searah dengan arah orang yang mengusung jenazah tersebut dan sempat membuat mereka berhenti beberapa kali.

Jawaban

Apa yang diceritakan oleh penanya tentang jenazah tersebut tidak mempunyai dasar sama sekali. Apabila pernah terjadi, maka hal itu adalah perbuatan setan yang ingin menyesatkan umat manusia dengan cara tersebut karena mayat tidak dapat berbuat apa-apa, tetapi ini hanyalah perbuatan setan untuk menipu dan menyesatkan umat manusia dari jalan Allah sehingga mereka berkeyakinan bahwa mayat tersebut dapat memberi manfaat dan mudarat lalu mereka berdoa kepadanya, bukan kepada Allah.

Kejadian seperti itu banyak terjadi pada orang-orang yang meminta kepada para mayat dan beribadah di kuburan-kuburan. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan izin Allah. Kesimpulannya adalah seorang Muslim tidak boleh membenarkan perbuatan setan ini.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 16111

Lainnya

Kirim Pertanyaan