Mandi Membuatnya Sakit

1 menit baca
Mandi Membuatnya Sakit
Mandi Membuatnya Sakit

Pertanyaan

Saya mengalami mimpi basah ketika tidur. Pada saat adzan subuh, saya terbangun dan menyadari bahwa saya telah bermimpi dan pakaian saya basah. Namun, jika saya mandi, maka saya akan demam dan influensa karena saya memang telah mengalami hal itu berulang kali.

Jika saya mandi, maka saya juga akan terlambat melaksanakan shalat subuh di masjid. Jadi, apa yang harus saya lakukan? apakah saya harus bertayamum? Mohon fatwanya. Semoga Allah memberi (Anda) pahala.

Jawaban

Pertama, Pada dasarnya mimpi basah sampai mengeluarkan mani mengharuskan mandi dengan air. Namun, jika mandi justru menyebabkan Anda sakit, maka Anda boleh menggantinya dengan tayamum karena tayamum disyariatkan ketika tidak ada air atau (ada air) tetapi tidak bisa menggunakannya karena sakit.

Kedua, Shalat berjemaah hukumnya wajib dan mandi adalah syarat sah shalat. Jika Anda menemukan air, maka Anda wajib mandi dan Anda tidak boleh bertayamum dengan alasan agar mendapatkan shalat jemaah.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 15359

Lainnya

Kirim Pertanyaan