Makna Hadits “Kalau Bukan Karena Kalian Melakukan Dosa”

1 menit baca
Makna Hadits “Kalau Bukan Karena Kalian Melakukan Dosa”
Makna Hadits “Kalau Bukan Karena Kalian Melakukan Dosa”

Pertanyaan

Apa maksud dari sabda Shallallahu `Alaihi wa Sallam,

لولا أنكـم تذنبون وتستغفرون لأتى الله بقوم غيركم يذنبون ويستغفرون

“Kalau bukan karena kalian melakukan dosa lantas memohon ampun, niscaya Allah akan menggantikan kalian dengan kaum lain yang melakukan dosa lantas mereka memohon ampun.”

Jawaban

Hadits yang Anda sebutkan dengan teks hadits seperti di atas bukan hadits shahih, teks hadits yang shahih adalah sabda Shallallahu `Alaihi wa Sallam,

والذي نفسي بيده لو لم تذنبوا لذهب الله بكم وجاء بقوم يذنبون فيستغفرون الله فيغفر لهم

“Demi jiwaku yang ada di tangan-Nya, jika kalian tidak pernah berbuat dosa, maka Allah akan mematikan kalian dan menggantikannya dengan suatu kaum yang berbuat dosa kemudian mereka meminta ampun kepada-Nya, kemudian Allah akan mengampuni mereka.” Diriwayatkan oleh Muslim dari Abu Hurairah dan me-rafa`-kannya (menyandarkan kepada) Nabi Shallallahu `Alihi wa Sallam.

Makna hadits yang kami sebutkan adalah, bahwa jika tidak terjadi dosa yang dilakukan oleh manusia, maka Allah akan menghilangkan mereka dari kehidupan ini, lalu mendatangkan kaum lain selain mereka yang melakukan dosa, tetapi kemudian mereka memohon ampun kepada Allah, dan Allah mengampuni mereka. Tetapi kenyataannya, manusia melakukan dosa, dan di antara mereka ada yang memohon ampun kepada Allah, maka Allah mengampuninya. Oleh karena itu, Allah menjadikan mereka tetap ada.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `Ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 6338

Lainnya

Kirim Pertanyaan