Lalai Dalam Menjalankan Hak Orang Tua Yang Sakit

1 menit baca
Lalai Dalam Menjalankan Hak Orang Tua Yang Sakit
Lalai Dalam Menjalankan Hak Orang Tua Yang Sakit

Pertanyaan

Pernah suatu kali ketika ayah saya sakit, saya duduk di sisinya di rumah sakit selama seminggu. Mertua saya di rumah sakit ikut menunggui dan merasa kesal kepada saya selama saya menunggu dan menjaga ayah saya. Hal yang termasuk membuat kesal mertua saya adalah terkadang saya melupakan ayah saya, seperti saya terlambat datang atau saya mendesaknya untuk mau makan.

Saya menungguinya selama seminggu. Hari terakhir, saat saya datang terlambat, adalah hari Rabu dan saya membawa ayah saya pulang. Di hari itu juga pada waktu Isya ayah saya meningggal dunia saat saya sedang mengangkatnya.

Saat itu saya tidak memberinya air minum, tetapi saya membawanya ke dokter. Dokter bilang kepada saya, “Dia sudah meninggal rahimahullah dan semoga Allah menjadikan surga tempat tinggalnya. Apakah saya berdosa atau punya kewajiban terhadap ayah saya dan kepada Allah Subahanahu wa Ta’ala? Mohon penjelasannya. Semoga Allah membalas kebaikan Anda.

Jawaban

Jika realitasnya seperti yang Anda sebutkan, maka Anda tidak berdosa atas tindakan Anda tersebut. Namun, jika Anda lalai dalam menjalankan kewajiban Anda terhadapnya, maka minta ampun dan bertobatlah kepada Allah.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 3592

Lainnya

Kirim Pertanyaan