Keutamaan Membaca Surah al-Baqarah Di Rumah

1 menit baca
Keutamaan Membaca Surah al-Baqarah Di Rumah
Keutamaan Membaca Surah al-Baqarah Di Rumah

Pertanyaan

Rasulullah Shallallahu `Alaihi wa Sallam bersabda,

لا تجعلوا بيوتكم قبورًا، فإن البيت الذي تقرأ فيه سورة البقرة لا يدخله شيطان

“Janganlah kalian menjadikan rumah kalian sebagai kuburan. Sesungguhnya rumah, tempat surah al-Baqarah dibaca, tidak akan dimasuki setan.”

Apakah maksud hadits ini adalah membaca surah al-Baqarah di rumah sekali saja saat menempatinya, setiap tahun atau setiap malam? Apakah itu cukup dengan memutarkan kaset tilawah surah al-Baqarah atau tidak?

Jawaban

Sebetulnya tidak ada batasan tertentu untuk membaca surah al-Baqarah. Hadis itu hanya menunjukkan syariat menyemarakkan rumah dengan ibadah salat dan membaca Al-Qur’an dan menunjukkan bahwa setan lari dari rumah, tempat surah al-Baqarah dibaca, tanpa ada penjelasan tentang batasan tertentu.

Hal itu menunjukkan sunahnya memperbanyak membaca surah al-Baqarah agar setan terusir dan keutamaannya yang besar karena setiap satu huruf dihitung sebagai satu kebaikan dan satu kebaikan dibalas dengan sepuluh kebaikan, sebagaimana dijelaskan dalam hadis lain.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `Ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 18072

Lainnya

Kirim Pertanyaan