Kembali Melakukan Zina Setelah Bertaubat

2 menit baca
Kembali Melakukan Zina Setelah Bertaubat
Kembali Melakukan Zina Setelah Bertaubat

Pertanyaan

Mohon fatwa tentang hukum seseorang yang melakukan perbuatan zina dan bertaubat, tetapi ia tidak konsisten terhadap taubatnya (kembali melakukan zina). Setelah menikah, ia sudah tidak ingin berbuat zina seperti yang pernah dilakukannya dulu. Ia ingin memperbarui taubatnya, namun tidak mengetahui apakah diterima atau tidak.

Jawaban

Apabila ada seseorang yang melakukan perbuatan zina lalu bertobat namun tidak konsisten terhadap taubatnya dan kembali melakukan zina, dan setelah menikah ia tidak ingin mengulangi perbuatan zina seperti yang pernah dilakukannya dulu, maka taubatnya diterima jika memenuhi syarat. Syarat bertaubat dari pelanggaran hak-hak Allah ada tiga: mengakui perbuatan dosa, menyesal telah melakukannya dengan tujuan mengagungkan Allah dan memurnikan diri kepadanya, serta bertekad untuk tidak mengulanginya.

Adapun taubat atas pelanggaran hak-hak manusia memiliki syarat keempat sebagai tambahan dari tiga syarat di atas, yaitu mengembalikan hak kepada pemiliknya sebisa mungkin dan meminta keridaannya. Kami mengingatkan Anda dengan firman Allah,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَصُوحًا

“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubat yang semurni-murninya.” (QS. At-Tahriim: 8)

Dan firman Allah Ta’ala,

وَالَّذِينَ لاَ يَدْعُونَ مَعَ اللَّهِ إِلَهًا آخَرَ وَلاَ يَقْتُلُونَ النَّفْسَ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلا بِالْحَقِّ وَلاَ يَزْنُونَ وَمَنْ يَفْعَلْ ذَلِكَ يَلْقَ أَثَامًا (68) يُضَاعَفْ لَهُ الْعَذَابُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَيَخْلُدْ فِيهِ مُهَانًا (69) إِلا مَنْ تَابَ وَآمَنَ وَعَمِلَ عَمَلا صَالِحًا فَأُولَئِكَ يُبَدِّلُ اللَّهُ سَيِّئَاتِهِمْ حَسَنَاتٍ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

“Dan orang-orang yang tidak menyembah tuhan lain beserta Allah dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina. Barangsiapa melakukan yang demikian itu, niscaya dia mendapat (pembalasan) dosa (nya).(68) (yakni) akan dilipat gandakan azab untuknya pada hari kiamat dan dia akan kekal dalam azab itu, dalam keadaan terhina,(69) kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh; maka kejahatan mereka diganti Allah dengan kebaikan. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Furqaan: 68-70)

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 4271

Lainnya

Kirim Pertanyaan