Jumlah Usapan Kepala Ketika Berwudhu

1 menit baca
Jumlah Usapan Kepala Ketika Berwudhu
Jumlah Usapan Kepala Ketika Berwudhu

Pertanyaan

Kami perhatikan bahwa sebagian orang, ketika berwudhu, mengusap kepalanya satu kali, tetapi sebagian yang lain mengusapnya tiga kali. Mana yang benar?

Jawaban

Dalam mengusap kepala ketika berwudhu, yang disyariatkan adalah satu kali saja. Hal ini berdasarkan hadis Utsman bin Affan, Ali, dan Abdullah bin Zaid radhiyallahu `anhum. Dalam hadits tersebut, mereka menyebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu `Alaihi wa Sallam berkumur, menghirup air dengan hidung, dan membasuh wajah, kedua tangan dan kedua kaki, masing-masing sebanyak tiga kali.

Mereka tidak menyebutkan jumlah dalam mengusap kepala. Dalam sebagian riwayat, terdapat redaksi yang jelas bahwa Rasulullah Shallallahu `Alaihi wa Sallam mengusap kepalanya satu kali. Riwayat hadis tentang mengusap kepala sebanyak tiga kali adalah syadz (tidak lazim) dan bertentangan dengan hadits shahih.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 17783

Lainnya

Kirim Pertanyaan