Hukum Orang Yang Berpendapat Bahwa al-Quran Itu Makhluk

2 menit baca
Hukum Orang Yang Berpendapat Bahwa al-Quran Itu Makhluk
Hukum Orang Yang Berpendapat Bahwa al-Quran Itu Makhluk

Pertanyaan

Imam Ahmad bin Hanbal dalam kitab “As-Sunnah” berkata, “al-Quran adalah kalam (firman) Allah, bukan makhluk. Orang yang menganggap bahwa Al-Quran itu makhluk, maka dia termasuk golongan Jahmiyyah yang kafir.”

Saya ingin tahu dari para syaikh yang terhormat, mengapa orang yang berpendapat bahwa al-Quran itu makhluk dihukumi kafir? Apa alasan Imam Ahmad menghukumi kafir terhadap orang yang berpendapat seperti itu?

Jawaban

Al-Quran itu kalam Allah yang hakiki, diturunkan kepada Nabi kita Muhammad Shallallahu `Alaihi wa Sallam sebagai wahyu. Allah Ta’ala berfirman,

وَإِنْ أَحَدٌ مِنَ الْمُشْرِكِينَ اسْتَجَارَكَ فَأَجِرْهُ حَتَّى يَسْمَعَ كَلامَ اللَّهِ

“Dan jika seorang di antara orang-orang musyrikin itu meminta perlindungan kepadamu, maka lindungilah ia supaya ia sempat mendengar firman Allah” (QS. At-Taubah: 6) hingga akhir ayat.

Allah Ta’ala berfirman,

وَهَذَا كِتَابٌ أَنْـزَلْنَاهُ مُبَارَكٌ فَاتَّبِعُوهُ وَاتَّقُوا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

“Dan al Qur’an itu adalah kitab yang Kami turunkan yang diberkati, maka ikutilah dia dan bertakwalah agar kamu diberi rahmat.” (QS. Al-An’am: 155)

Allah juga Ta’ala berfirman,

وَقُرْآنًا فَرَقْنَاهُ لِتَقْرَأَهُ عَلَى النَّاسِ عَلَى مُكْثٍ وَنَـزَّلْنَاهُ تَنْـزِيلا

“Dan Al-Qur`an itu telah Kami turunkan dengan berangsur-angsur agar kamu membacakannya perlahan-lahan kepada manusia dan Kami menurunkannya bagian demi bagian.” (QS. Al-Isra’: 106)

Masih banyak ayat-ayat Al-Quran yang membahas masalah ini. Jadi, Al-Quran itu kalam Allah yang diturunkan, bukan makhluk. Orang yang mengatakan bahwa Al-Quran itu makhluk, maka dia telah kafir. Sebab, kalam (firman) Allah Ta’ala itu salah satu dari sifat-sifat-Nya.

Artinya, orang yang menganggap bahwa salah satu sifat-sifat-Nya itu makhluk, maka dia telah kafir karena sifat Allah itu bagian dari Zat-Nya. Selain itu, dalam perkataan batil ini terkandung tasybih (penyerupaan) Allah terhadap makhluk-Nya.

Manusia tidak berbicara hingga Allah menciptakan kalam (ucapan) bagi mereka. Dengan demikian, orang yang mengatakan bahwa kalam Allah itu adalah makhluk, maka dia telah menyerupakan Allah dengan makhluk-Nya. Mahasuci Allah dari hal tersebut.

Allah senantiasa berbicara kapan pun Dia menghendaki. Kita tidak boleh mengatakan bahwa Allah baru berbicara setelah Dia menciptakan kalam. Sebagaimana kita tidak boleh mengatakan bahwa Allah baru memiliki pengetahuan setelah Dia menciptakan ilmu (pengetahuan).

Pembahasan seperti ini sudah jelas bagi orang yang mau mencari kebenaran, dan batinnya diterangi oleh Allah.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 17521

Lainnya

Kirim Pertanyaan