Hukum Keberadaan Kamar Mandi Di Arah Kiblat

1 menit baca
Hukum Keberadaan Kamar Mandi Di Arah Kiblat
Hukum Keberadaan Kamar Mandi Di Arah Kiblat

Pertanyaan

Di Jeddah, tepatnya di distrik Marwah, sebelah utara Jeddah, ada sebuah masjid yang baru dibangun dan sedang dalam tahap finishing. Saya memiliki rumah di sana.

Masjid ini dibangun dengan model yang sangat modern, namun di bagian depannya dibangun tempat tinggal imam dan muadzin, dan di dalamnya terdapat empat kamar mandi di arah kiblat.

Apakah orang-orang yang shalat berdosa jika menghadap ke arah kamar mandi di depan masjid seperti dalam denah yang saya sertakan untuk Anda? Saya mohon Anda berkenan memberikan fatwa kepada saya agar saya merasa mantap. Semoga Allah menjaga dan melindungi Anda.

Jawaban

Posisi rumah imam dan muadzin yang terletak di bagian kiblat masjid, dan di dalamnya terdapat kamar mandi, tidak lantas membuat seseorang dilarang untuk mengerjakan salat di masjid ini.

Hal itu tidak dilarang, dan kalian juga tidak berdosa mengerjakan shalat dengan menghadap rumah-rumah yang di dalamnya terdapat kamar mandi, selama masih ada dinding yang memisahkan masjid dengan rumah-rumah tersebut, dan kamar mandi tersebut tidak mengganggu masjid dengan keluarnya air atau bau dari kamar mandi ke dalam masjid, karena tidak ada dalil syariat yang melarang hal itu.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `Ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 19935

Lainnya

Kirim Pertanyaan