Hiasan-hiasan Mihrab

1 menit baca
Hiasan-hiasan Mihrab
Hiasan-hiasan Mihrab

Pertanyaan

Kami mempunyai sebuah masjid yang dibangun dari dana para dermawan. Pengawas pembangunan masjid tersebut ingin membuat hiasan dan ayat-ayat al-Quran di mihrab masjid tersebut, begitu juga di atap dan tiang-tiang masjid.

Saya telah menyampaikan kepadanya bahwa hiasan-hiasan dan ayat-ayat al-Quran di dalam masjid tidak diperbolehkan sebagaimana yang kami dengar dari para syekh kami.

Tapi pengawas tersebut berargumen bahwa kebanyakan masjid ada hiasan dan ayat-ayat al-Quran. Bolehkah hal tersebut dilakukan atau tidak? Mohon beri kami penjelasan, semoga Allah memberi Anda pahala.

Jawaban

Tidak boleh menghiasi masjid-masjid dan menulis ayat-ayat al-Quran di atas dindingnya karena akan menjadikan Al-Quran direndahkan, dan terdapat hiasan-hiasan masjid yang terlarang. (Hal itu) juga akan memalingkan orang-orang yang salat dari salatnya karena melihat tulisan-tulisan dan pahatan (hiasan) tersebut.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 20608

Lainnya

Kirim Pertanyaan