Hadits “Saudaraku, Jangan Lupakan Aku Dalam Doamu”

1 menit baca
Hadits “Saudaraku, Jangan Lupakan Aku Dalam Doamu”
Hadits “Saudaraku, Jangan Lupakan Aku Dalam Doamu”

Pertanyaan

Apakah hadits Nabi kepada Umar bin Khathab,

لا تنسانا يا أخي من دعائك

“Janganlah engkau melupakan kami dalam doamu, Saudaraku!”

Sahih? Jika hadis tersebut sahih, alangkah lebih baiknya jika Anda berkenan untuk mendoakan kami, saudara-saudara kami, anak-anak kami, dan istri-istri kami agar mendapat ampunan dan rahmat dari Allah. Sesungguhnya rahmat dan ampunan Tuhan kita amat luas.

Jawaban

Dikeluarkan oleh Abu Dawud dan Tirmidzi dalam Sunannya,

أن عمر بن الخطاب رضي الله عنه قـال: استأذنت رسـول الله صلى الله عليه وسلم في العمرة، فأذن لي، وقـال لي: لا تنسنا يا أخي من دعائك، أو قـال: أشركنا يا أخي في دعائك، قال عمر : فقال كلمة مـا يسرني أن لي بها الدنيا

“Bahwa Umar bin Khathab radhiyallahu ‘anhu berkata, “Aku minta izin kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam untuk melaksanakan umrah lalu ia mengizinkanku dan berkata, ‘Jangan lupakan kami, Saudaraku, dalam doamu’ atau mengatakan, ‘Sertakan kami dalam doamu, Saudaraku.’ Umar berkata, “Kemudian ia mengatakan satu kalimat yang menggembirakanku bahwa aku mempunyai keberuntungan dengan kalimat itu di dunia.”

Semoga Allah memberi taufik kepada kami dan kepada Anda untuk mengerjakan hal yang Dia ridhai.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 6342

Lainnya

Kirim Pertanyaan