Hadis “Siapa Yang Memasuki Pasar Dan Membaca: “La Ilaha Illallah Wahdahu La Syarika Lah”

1 menit baca
Hadis “Siapa Yang Memasuki Pasar Dan Membaca: “La Ilaha Illallah Wahdahu La Syarika Lah”
Hadis “Siapa Yang Memasuki Pasar Dan Membaca: “La Ilaha Illallah Wahdahu La Syarika Lah”

Pertanyaan

Saya membaca dalam buku al-Adzkar bahwa,

من دخل السوق فقال: لا إله إلا الله وحده لا شريك له ، له الملك وله الحمد، يحيي ويميت وهو حي لا يموت، بيده الخير وهو على كل شيء قدير كتب الله له ألف ألف حسنة، وحطت عنه ألف ألف سيئة، ورُفع بها ألف ألف درجة

“Barangsiapa yang memasuki pasar dan membaca: “La ilaha illallah wahdahu la syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu, yuhyi wa yumit wa huwa hayyun la yamut, biyadihil khair wa huwa `ala kulli syai’in qadir” (Tidak ada sesembahan yang benar kecuali Allah Yang tidak ada sekutu bagi-Nya, kepunyaan-Nya segala kekuasaan dan segala puji, Dia yang menghidupkan dan mematikan, Dia Maha hidup dan tidak mati, Di tangan-Nya semua kebaikan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu) maka Allah akan memberikan baginya sejuta kebaikan, digugurkan darinya sejuta dosa, dan diangkat baginya seribu derajat.”

Apakah hadis atau zikir ini sahih? Karena saya mendengar sebagian orang mengatakan bahwa hadis ini dha`if. Mohon fatwanya, semoga Allah memberi Anda pahala.

Jawaban

Hadis dengan teks ini diriwayatkan oleh at-Tirmidzi dan hadits ini dalam al-Musnad tanpa lafal,

وهو حي لا يموت بيده الخير

“Dia Maha hidup dan tidak mati, di tangan-Nya segala kebaikan.”

Di akhirnya ditambahkan,

وبنى له بيتًا في الجنة

“Allah membangun untuknya sebuah rumah di surga.”

Hadis ini dha`if, karena dalam sanadnya ada `Amru bin Dinar al-Misri. Ahmad berkata, “Dha`if”. Al-Bukhari berkata, “Hadis ini perlu ditinjau”. Ibnu Ma`in berkata, “dzahib (lemah haditsnya)”. Dia juga pernah mengatakan: “Laisa bisyai’ (tidak dianggap, bukan apa-apa). An-Nasa’i berkata, “Dha`if”.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 12023

Lainnya

Kirim Pertanyaan