Donor Darah

1 menit baca
Donor Darah
Donor Darah

Pertanyaan

Ada seorang lelaki yang menderita kekurangan darah di rumah sakit. Rumah sakit pun mencarikan darah untuknya. Kami semua tahu bahwa darah adalah najis. Apakah ada keringanan bagi orang yang ingin mendonorkan darahnya untuk pasien yang sangat membutuhkannya atau donor tersebut dilarang?

Jawaban

Hukum asal dalam berobat adalah bahwa berobat harus dengan sesuatu yang diperbolehkan. Namun, jika tidak ada jalan untuk menguatkan atau mengobati seorang pasien kecuali dengan darah orang lain dan cara ini adalah satu-satunya jalan untuk menyelamatkannya dari penyakit dan kelemahannya serta, berdasarkan pendapat orang yang ahli, kemungkinan besar pasien tersebut mendapatkan manfaat darinya, maka pasien tersebut tidak apa-apa (boleh) diobati dan disembuhkan dari penyakit dan kelemahannya dengan darah orang lain. Hal ini berdasarkan firman Allah Ta’ala,

إِنَّمَا حَرَّمَ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةَ وَالدَّمَ وَلَحْمَ الْخِنْـزِيرِ وَمَا أُهِلَّ بِهِ لِغَيْرِ اللَّهِ فَمَنِ اضْطُرَّ غَيْرَ بَاغٍ وَلاَ عَادٍ فَلا إِثْمَ عَلَيْهِ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ

“Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. Tetapi barangsiapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang ia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Baqarah: 173)

Dan firman-Nya,

وَقَدْ فَصَّلَ لَكُمْ مَا حَرَّمَ عَلَيْكُمْ إِلا مَا اضْطُرِرْتُمْ إِلَيْهِ

“Padahal sesungguhnya Allah telah menjelaskan kepadamu apa yang diharamkan-Nya terhadapmu, kecuali apa yang terpaksa kamu memakannya” (QS. Al-An’aam: 119)

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 1528

Lainnya

Kirim Pertanyaan