Diyat Anak-anak, Perempuan, Dan Orang Kafir

2 menit baca
Diyat Anak-anak, Perempuan, Dan Orang Kafir
Diyat Anak-anak, Perempuan, Dan Orang Kafir

Pertanyaan

Kami adalah mahasiswi fakultas pendidikan untuk putri di Jeddah. Kami berdiskusi tentang pandangan syariat atas diat orang yang terbunuh secara tidak sengaja. Kami berbeda pendapat dan belum menemukan jawaban yang benar atas beberapa masalah.

Oleh karena itu, kami bertanya kepada Anda. Semoga Anda berkenan menjawabnya. Semoga Allah membalas Anda dengan balasan yang terbaik atas jasa Anda terhadap kami dan kaum Muslimin.

a. Berapa jumlah diat anak kecil yang terbunuh secara tidak sengaja dalam sebuah kecelakaan lalu lintas. Apakah diat tersebut sama dengan diat laki dan perempuan dewasa atau lebih sedikit? Mohon perincian atas masalah ini.

b. Apakah diat laki-laki dengan perempuan itu sama atau ada tambahan?

c. Jika yang terbunuh secara tidak sengaja itu non muslim seperti Yahudi atau Nasrani (Kristen), berapakah diat yang harus ditunaikan si pembunuh dan kepada siapa dibayarkan?

Jawaban

Pertama: Diyat anak laki-laki yang terbunuh secara tidak sengaja sama dengan diat laki-laki dewasa dan diat anak perempuan sama dengan diat perempuan dewasa, yaitu setengah dari diat laki-laki.

Kedua: Diat korban kejahatan yang tidak disengaja dan tidak sampai sepertiga adalah sama, baik laki-laki maupun perempuan. Jika kejahatan itu sampai pada sepertiga diat, maka diat perempuan adalah setengah dari diat laki-laki berdasarkan apa yang diriwayatkan oleh Nasa’i dan ad-Daruquthni melalui jalan (sanad) `Amr bin Syu`aib dari ayahnya dan dari kakeknya yang berkata bahwa Nabi Shallallahu `Alaihi wa sallam bersabda,

عقل المرأة مثل عقل الرجل حتى يبلغ الثلث من ديتها

“Diyat perempuan adalah seperti diat lelaki hingga mencapai sepertiga dari diat perempuan itu.”

Ketiga: Diyat non muslim, seperti Yahudi dan Nasrani, yang terbunuh secara tidak sengaja adalah setengah dari diat orang muslim. Diat perempuan non muslim adalah setengah dari diat laki-laki non muslim berdasarkan apa yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Nasa’i dan Tirmidzi melalui jalan (sanad) `Amr bin Syu`aib dari ayahnya dan dari kakeknya yang berkata, bahwa Nabi Shallallahu `Alaihi wa sallam bersabda,

عقل الكافر نصف دية المسلم

“Diyat orang kafir adalah setengah diat orang Muslim.”

Dan di dalam redaksi lain,

قضى أن عقل أهل الكتابين نصف عقل المسلمين

“Ia memutuskan bahwa diyat kedua ahlu kitab (Yahudi dan Nasrani) adalah setengah diat kaum Muslimin.”

Yang dimaksud ahlu kitab di sini adalah Yahudi dan Nasrani. Hadis ini diriwayatkan oleh Ahmad dan Nasa’i dan Ibnu Majah. Diyat tersebut dibayarkan kepada ahli warisnya.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `Ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 8258

Lainnya

Kirim Pertanyaan