Di Rak Penyimpan Jenazah Ada Mayat Lelaki Dan Perempuan

1 menit baca
Di Rak Penyimpan Jenazah Ada Mayat Lelaki Dan Perempuan
Di Rak Penyimpan Jenazah Ada Mayat Lelaki Dan Perempuan

Pertanyaan

Di tempat kami ada lemari pendingin untuk menyimpan mayat. Lemari pendingin itu berbentuk sebuah ruangan di dalamnya terdapat rak-rak yang di setiap rak mayat ditempatkan.

Mayat-mayat itu ada lelaki dan ada perempuan, ada Muslim dan ada non-Muslim. Setiap mayat dibalut rapat-rapat dengan kain yang diletakkan di dalam rak terpisah dari rak lainnya.

Saya menanyakan kepada Anda tentang hukum masalah ini? Apakah perbuatan kami ini dianggap mencampur-baurkan lawan jenis atau tidak? Apakah itu bertentangan dengan tuntunan agama? Perlu diketahui bahwa hal ini berlaku di semua rumah sakit pemerintah dan swasta.

Jawaban

Tidak ada yang salah dengan adanya mayat pria dan wanita di rak tempat penyimpanan mayat sebagaimana disebutkan dalam pertanyaan, jika ada alasan yang bisa diterima (seperti medis, kasus kriminal dsb) yang menuntut untuk tidak mempercepat penguburan. Dilarangnya pembauran antara lawan jenis sesama orang hidup adalah karena ditakutkan fitnah, dan hal itu tidak terdapat pada mayat.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 15430

Lainnya

Kirim Pertanyaan