Ciri-ciri Hijab Syar`i

1 menit baca
Ciri-ciri Hijab Syar`i
Ciri-ciri Hijab Syar`i

Pertanyaan

Apa ciri-ciri hijab syar`i (pakaian wanita sesuai syariat)? Apakah cadar (niqab) itu hijab, atau satu sama lainnya berbeda hukum dan penampilannya? Dan apakah kerudung yang dikenakan oleh seorang gadis yang menampakkan wajah dan kedua tangannya adalah hijab syar`i?

Jawaban

Diwajibkan bagi seorang wanita menutup wajahnya dari lelaki yang bukan mahramnya dengan penutup yang layak. Dia juga harus menutup seluruh tubuhnya dengan pakaian longgar yang tidak sempit, dan tidak mempunyai hiasan yang menarik perhatian. Inilah hijab syar`i yang diperintahkan Allah dalam kitab-Nya (Alquran) dan yang disampaikan oleh Rasul-Nya Shallallahu `Alaihi wa Sallam.

Adapun cadar (niqab) merupakan hijab syar`i bagi wanita yang tidak sedang berihram haji atau umrah, manakala bentuk cadar ini hanya menampakkan kedua mata saja; sesuai hadis Ibnu Umar yang tersebut dalam Shahih Al-Bukhari Rahimahullah.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 16340

Lainnya

Kirim Pertanyaan