Cara Yang Mungkin Ditempuh Untuk Memperbaiki Sikap Anak-anak

1 menit baca
Cara Yang Mungkin Ditempuh Untuk Memperbaiki Sikap Anak-anak
Cara Yang Mungkin Ditempuh Untuk Memperbaiki Sikap Anak-anak

Pertanyaan

Saya adalah seorang pria lanjut usia. Saya memiliki dua orang anak (kembar) yang saat ini duduk di kelas tiga sekolah menengah pertama. Saya ingin sekali mereka menjadi anak yang baik dan pergi ke masjid bersama saya untuk menunaikan shalat, tetapi terkadang mereka menolak. Saya hanya dapat berdoa untuk keduanya. Adakah cara yang mungkin saya lakukan untuk membuat mereka lebih baik? Saya juga telah menyampaikan permasalahan ini kepada pihak sekolah. Semoga Allah selalu menjaga dan melindungi Anda.

Jawaban

Kami menyarankan Anda untuk terus menasihati mereka dan tidak berputus asa. Gunakanlah cara yang bermanfaat dalam mendidik dan mengarahkan mereka, dengan terkadang memberikan hadiah atau hukuman, menanamkan rasa cinta kepada Allah dan Rasulullah dalam hati mereka, menjauhkan mereka dari teman-teman pergaulan yang buruk, mengajak mereka untuk bergaul dengan orang-orang saleh, dan mengingatkan mereka untuk waspada terhadap media-media masa yang merusak.

Namun, pertama-tama dan terutama perbanyaklah berdoa kepada Allah agar mereka menjadi baik dan konsisten. Doa inilah yang membuat Allah memuji hamba-hamba-Nya yang saleh, dengan berfirman,

وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

“Dan orang-orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al-Furqaan: 74)

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 21596

Lainnya

Kirim Pertanyaan