Bolehkah Orang Yang Sedang Shalat Menjawab Salam?

1 menit baca
Bolehkah Orang Yang Sedang Shalat Menjawab Salam?
Bolehkah Orang Yang Sedang Shalat Menjawab Salam?

Pertanyaan

Apabila seorang Muslim sedang salat, lalu ada orang yang mengucapkan salam kepadanya, bagaimanakah caranya dia membalas salam tersebut?

Jawaban

Dia dapat menjawab salam dengan isyarat atau setelah salam. Ini didasarkan pada hadits yang diriwayatkan oleh Muslim dalam kitab Shahihnya dari Abdullah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

كنا نسلم على رسول الله صلى الله عليه وسلم وهو في الصلاة فيرد علينا، فلما رجعنا من عند النجاشي سلمنا عليه فلم يرد علينا، فقلنا: يا رسول الله: كنا نسلم عليك في الصلاة فترد علينا، فقال: إن في الصلاة لشغلاً

“Kami dahulu memberikan salam kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dalam keadaan beliau salat dan beliau membalasnya. Ketika kami kembali dari negeri Najasi, kami memberi salam kepada beliau dan beliau tidak menjawab salam kami dan berkata, “Sesungguhnya dalam salat ada satu kesibukan.”

Dan telah diriwayatkan oleh Abu Dawud dari hadits Ibnu Umar dari Shuhaib, dia berkata,

مررت برسول الله صلى الله عليه وسلم وهو يصلي فسلمت عليه فرد إشارة، قال: ولا أعلمه إلا قال: إشارة بأصبعه

“Saya melewati Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang sedang salat, lalu saya ucapkan salam kepada beliau. Beliau menjawab salam dengan isyarat.” (Shuhaib) berkata, “Saya tidak mengetahui beliau, kecuali (katanya) berisyarat dengan jarinya.”

Dikeluarkan oleh Nasa’i, Tirmidzi, dan Tirmidzi berkata, “Hadits hasan.”

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 10605

Lainnya

Kirim Pertanyaan