Bersabar Saat Sakit

1 menit baca
Bersabar Saat Sakit
Bersabar Saat Sakit

Pertanyaan

Di dalam Sahih al-Bukhari disebutkan, bahwa Abdullah bin Yusuf meriwayatkan kepada kami, al-Laits meriwayatkan kepada kami, dia berkata bahwa Ibnu al-Had telah meriwayatkan kepada saya dari `Amr, hamba sahaya al-Muththalib, dari Anas bin Malik radhiyallahu `anhu, ia berkata, “Saya mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إن الله تعالى قال: إذا ابتليت عبدي بحبيبتيه فصبر عوضته منهما الجنة

“Sesungguhnya Allah Ta’ala berfirman, “Jika Aku menguji hamba-Ku dengan kedua matanya lalu dia bersabar, maka Aku menggantikan keduanya dengan surga.”

Yang dimaksudkan dengan ‘Habibataihi’ adalah kedua matanya. Asy`ats bin Jabir dan Abu Dzilal mengikutinya dari Anas dari Nabi shallallahu `alaihi wa sallam. Saya pada tahun 1985 mendapat musibah. Mata kanan saya terkena batu. Saat itu usia saya 11 tahun.

Kemudian saya tidak lagi bisa melihat dengan mata kanan. Pertanyaan saya: Apakah Allah akan menggantinya dengan surga meskipun alhamdulillah saya masih bisa meihat dengan mata kiri, atau apakah keutamaan dan pahala tersebut hanya dikhususkan bagi yang kehilangan dan diuji kedua matanya?

Jawaban

Tentu saja apa yang terjadi dengan mata kanan Anda adalah musibah. Ketahuilah bahwa itu datang dari Allah. Maka bersabarlah dan berharaplah untuk mendapatkan pahala. Dan mohonlah pahala dari Allah ‘Azza wa Jalla. Dan kami doakan semoga Anda mendapatkan pahala. Adapun jika teks hadis mengarah kepada orang yang diuji kedua matanya, sebab cobaan ini lebih berat.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `Ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 17750

Lainnya

Kirim Pertanyaan