Apakah Wanita Bersuci Dengan Batu

1 menit baca
Apakah Wanita Bersuci Dengan Batu
Apakah Wanita Bersuci Dengan Batu

Pertanyaan

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah memerintah kita untuk bersuci dan membersihkan air kencing sebagaimana disebutkan dalam sabdanya,

استنزهوا من البول

“Bersihkanlah diri kalian dari air kencing.” dan seterusnya.

Perintah ini bersifat umum, untuk lelaki dan wanita. Yang terhormat Syaikh Mufti Kerajaan Arab Saudi, Rasul juga memerintah kita mengambil tiga batu untuk bersuci, saya mengira untuk kemaluan di belakang saja.

Apakah ada hadis terkait dengan kemaluan di depan, yaitu alat kelamin. Pertanyaan lain: Sesungguhnya Allah tidak merasa malu dengan kebenaran: Jika lelaki bersuci dengan batu baik kemaluan belakang atau depan, dengan apa wanita bersuci untuk kemaluan depan ketika tidak ada air?.

Jawaban

Bersuci dengan batu dan benda yang semisal selain dari unsur tulang dan kotoran dapat menggantikan bersuci dengan air dalam membersihkan lubang depan dan belakang, hal itu berlaku sama untuk lelaki dan wanita.

Yang wajib dilakukan adalah dengan menggunakan tiga batu ketika membersihkan lubang depan dan belakang, jika tidak cukup wajib ditambah sampai bersih, dan yang lebih utamanya dengan bilangan ganjil.

Jika dibersihkan dengan batu keempat disyariátkan menambah batu kelima, dan jika dibersihkan dengan batu keenam hendaknya ditambah dengan batu ketujuh, berdasarkan makna umum dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

ومن استجمر فليوتر

“Dan barangsiapa yang beristijmar (bersuci dengan batu) maka hendaklah dia mengganjilkan jumlah (batu)nya.”

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 18549

Lainnya

Kirim Pertanyaan