Apakah Orang Yang Hafal Al-Quran Dapat Memberi Syafaat Kepada Keluarganya?

1 menit baca
Apakah Orang Yang Hafal Al-Quran Dapat Memberi Syafaat Kepada Keluarganya?
Apakah Orang Yang Hafal Al-Quran Dapat Memberi Syafaat Kepada Keluarganya?

Pertanyaan

Saya mendengar ada sebuah hadits dari Rasulullah Shallallahu `Alaihi wa Sallam yang menerangkan bahwa penghafal seluruh Al-Quran al-Karim dapat memberi syafaat kepada tujuh keluarganya. Apakah hadits ini sahih atau dhaif?

Saya mendengar hadits ini dari seorang imam masjid. Ini mendorong saya untuk menghafal Al-Quran al-Karim karena orang yang saya cintai meninggal dunia.

Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala memberi kemanfaatan dari ilmu yang telah diajarkan. Allah adalah sebagai pemberi petunjuk pada jalan yang benar. Mohon penjelasannya. Semoga Allah membalas Anda semua dengan sebaik-baiknya.

Jawaban

Hadits ini diriwayatkan secara marfu` melalui Ali bin Abi Thalib radhiyallahu `anhu dengan redaksi,

من قرأ القرآن واستظهره فأحل حلاله وحرم حرامه، أدخله الله به الجنة وشفعه في عشرة من أهل بيته، كلهم قد وجبت له النار

“Siapa yang membaca Al-Quran dan menghafalkannya, lalu menghalalkan apa yang dihalalkan dan mengharamkan apa yang diharamkan, maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga dan mengizinkannya untuk memberi syafaat kepada sepuluh anggota keluarganya, padahal kesemuanya telah ditetapkan masuk neraka.”

Hadits diriwayatkan oleh Ahmad dalam kitab Musnad-nya, serta oleh Tirmidzi dan Ibnu Majah.

Sanad hadits ini menurut para periwayatnya berputar pada Abu Umar Hafsh bin Sulaiman al-Qari`, sahabat `Ashim. Hadits yang diriwayatkannya dihukumi matruk (ditinggalkan karena disinyalir melakukan kebohongan), sekalipun beliau adalah imam (ulama yang paling disegani) dalam qira’at (ilmu bacaan Al-Quran).

Dengan demikian, hadits ini tidak terbukti berasal dari Nabi Shallallahu `Alaihi wa Sallam. Alhamdulillah telah banyak teks-teks hadits yang sahih dari Nabi Shallallahu `Alaihi wa Sallam tentang keutamaan-keutamaan Al-Quran al-`Azhim, keutamaan membacanya, pahala besar, ganjaran berlimpah yang dijanjikan Allah bagi pembacanya, dan penjelasan mengenai adabnya.

Para ulama pun telah mengarang buku yang membahas hal ini secara tersendiri. Semoga Allah menjadikan kita dan Anda semua termasuk dalam golongan Ahli Al-Quran, yang menjaga setiap huruf dan hukum-hukumnya. Amin.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 16302

Lainnya

Kirim Pertanyaan