Apa Yang Harus Saya Lakukan Agar Kakak Lelaki Sulung Saya Mau Melakukan Shalat?

1 menit baca
Apa Yang Harus Saya Lakukan Agar Kakak Lelaki Sulung Saya Mau Melakukan Shalat?
Apa Yang Harus Saya Lakukan Agar Kakak Lelaki Sulung Saya Mau Melakukan Shalat?

Pertanyaan

Saya memiliki kakak laki-laki sulung yang tidak mau melaksanakan shalat. Apa yang mesti saya lakukan terhadapnya? Saya berharap Anda dapat memberinya saran (sekalipun dari jauh di Tanah Haram), agar Allah Subhanahu wa Ta’ala dapat membimbingnya ke jalan yang benar dan tunduk menunaikan kewajiban-kewajiban kepada Allah.

Jawaban

Anda harus menasihati dan mendorongnya untuk melakukan ketaatan, melaksanakan perintah Allah, dan menjauhi larangan-Nya dengan arahan yang bijak, melalui nasihat dan metode yang baik.

Anda dapat memberikan hadiah berupa buku-buku dan kaset-kaset Islami yang berguna.Kami menyarankan kepada saudara Anda untuk bertobat dengan sungguh-sungguh dari apa yang telah dikerjakan.

Dia juga semestinya menjauhi rekan-rekan yang tidak baik dan bergaul dengan orang-orang saleh, menghadiri kajian-kajian dan forum-forum Islami, dan mendengarkan siaran Al-Quran yang ada di negara Kerajaan Arab Saudi, karena mengandung hal-hal positif yang sangat banyak.

Di samping itu, dia juga harus memperbanyak membaca Al-Quran dengan penuh penghayatan dan khusyu’, memperbanyak ibadah-ibadah sunnah, serta berusaha untuk selalu melaksanakan shalat fardu tepat pada waktunya.

Sebab, shalat itu mampu melindungi diri dari perbuatan keji dan mungkar. Semoga Allah menerima tobat saudara Anda dan mengganti amal buruknya dengan kebaikan.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Salah satu lajnah ilmiah terkemuka di era sekarang ini, terdiri dari elit ulama senior di Arab Saudi, memiliki kredibilitas tinggi di bidang ilmiah dan keislaman.

Rujukan : Fatwa Nomor 19050

Lainnya

Kirim Pertanyaan